fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil

Simak Cara Mudah Tepat Dalam Mengatasi Asap Mobil Hitam

Simak Cara Mudah Tepat Dalam Mengatasi Asap Mobil Hitam

Jangan anggap remeh gejala asap mobil hitam. Perlu anda ketahui, bahwa gejala ini timbul bukan tanpa sebab. Asap mobil hitam terjadi karena proses pembakaran yang tidak sempurna. Residu pada proses pembakaran meninggalkan kerak kotoran menumpuk pada saluran pembakaran. Untuk mengatasi asap mobil hitam anda perlu mengetahui gejala penyebabnya dibawah ini;

1. Busi Sudah Kotor

Penyebab yang pertama ialah busi yang sudah kotor. Coba anda perhatikan busi mesin apakah keterdapatan kotoran menempel? Jika iya, segera lepaskan perlahan dan hati-hati. Selanjutnya bersihkan dengan amplas atau bahan lainnya yang menujang.

Ketahui hal ini. Busi mengalami peranan penting dalam proses pembakaran karena percikan api dihasilkan oleh busi. Selain itu, residu juga tercipta dari tempat pembakaran yang memproses bahan bakar, oksigen dan api untuk menghasilkan tenaga pada mobil.

2. Filter Udara Kotor

Penyebab selanjutnya ialah filter udara yang sudah kotor. Udara tersaring melalui ruang pembakaran melalui filter udara. Penumpukan debu pada filter udara dapat membuat aliran udara atau intake menjadi terhambat. Itulah mengapa filte udara memiliki peranan penting bagi mesin mobil anda.

Cara mengatasinya yakni dengan membersihkan filter udara di bengkel terdekat anda.

Lihat Juga ; Mengapa Mesin Mobil Saya Bergetar Keras atau Pincang

3. Karburator Bermasalah

Berikutnya, anda dapat mengecek karburator apakah bermasalah. Caranya yakni dengan mengecek 2 sekrup untuk suplai bensin dan kecepatan idle. Cobalah untuk mengecek sekrup kedua agar jumlah bensin yang masuk tidak berlebihan.

Sebab asap hitam dapat muncul karena percampuran dua elemen yang tidak seimbang.

4. Kerak Pada Ruang Bakar

Mengapa kerak pada ruang bakar dapat terjadi? Hal ini dipicu dari minimnya perawatan mobil sehingga penumpukan kotoran terus bersarang di saluran pembakaran. Tidak mengherankan bila gejala asap mobil hitam dipicu dari sini.

Cara mengatasinya yakni dengan melakukan tune up di bengkel keterpercayaan anda. Pastikan kondisi mobil setelah di tune up benar-benar bersih dan terbebas dari kotoran.

5. Rusaknya Sensor MAF atau  IAT 

Waspadai sensor yang sudah bermasalah. Pasalnya sensor berkaitan dengan kinerja ECU. Jika sensor mengalami permasalahan, maka bensin yang diinjeksi akan memunculkan asap berwarna hitam. Sensor ini dianggap cukup penting dalam membantu menghitung suhu masa udara pada mobil.

Cara mengatasinya hanya dengan membawa ke bengkel terdekat. Jika sensor memang sudah rusak, tidak ada jalan selain dengan mengganti sensor yang baru.

Demikian ulasan mengenai mengatasi asap mobil hitam. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan dijadikan rujukan informasi keterpercayaan anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button