Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Solusi Tepat dan Jitu Mengatasi Asap Mobil Hitam Pekat

Berbagai polemik kendaraan memang tidak ada habisnya, salah satunya timbul asap mobil hitam pekat. Gejala tersebut dapat menyerang semua jenis mobil karena berbagai faktor dan penyebab. Lantas apakah penyebabnya?

Umumnya, hal ini disebabkan oleh proses pembakaran yang kurang sempurna pada ruang pembakaran sehingga asap hitam pekat muncul. Dampaknya, tidak hanya mengganggu kinerja mesin, namun juga berimbas pada pengguna jalan lainnya yang dapat menghirup bebas asap dari knalpot mobil anda. Sangat berbahaya bukan?

Apa Penyebabnya?

Kotornya ruang pembakaran seperti busi, injektor, throttle body, koil, dan lain lainnya. Hal ini dipicu oleh sisa residu yang tidak berhasil terbakar dengan sempurna sehingga residu berakhir menjadi kerak karbon hitam.

Tidak hanya itu, penyebab lainnya juga didapatkan dari oli serta bensin yang kualitasnya buruk. Alhasil residu dapat muncul dengan mudah.

Solusi Mengatasi Asap Mobil Hitam Pekat

Jangan khawatir, anda dapat lakukan ini tune up di bengkel mobil terpercaya. Sudahkah anda mengetahui fungsi dan manfaat tune up pada mobil kesayangan anda?

Baik pada mobil diesel dan mobil bensin, tune UP menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Namun pada mobil diesel, perawatan ini menjadi lebih penting dan harus lebih sering dilakukan. Mengapa?

Beberapa pengguna umumnya masih menggunakan bensin dengan kualitas rendah sejenis pertalite. Hal ini menyebabkan sistem pembakaran menjadi lebih cepat kotor, selain itu penyumbatan di saluran pembakaran bisa terjadi.

Adapun detail part yang wajib dibersihkan antara lain adalah:

PART Masalah yang Terjadi Jika Part Tidak Dibersihkan
Throttle Body RPM tidak stabil
Intake Tarikan jadi berat, tenaga mobil berkurang
Katalitik Tarikan jadi berat, gas buang tidak maksimal sehingga sistem exhaust cepat rusak
Valve Tarikan jadi berat, konsumsi BBM jadi boros
EGR Tarikan jadi berat, konsumsi BBM jadi boros
Injektor Tarikan jadi berat, konsumsi BBM jadi boros, mobil brebet

Apakah anda mengalami salah satu gejala diatas? Oleh sebab itu maka sangat dianjurkan melakukan servis tune up. Lalu berapa biaya tune up ?

Biaya Tune UP di Dokter Mobil

Di Dokter Mobil biaya tune UP akan bergantung pada jenis mobilnya. Jenis mobil dibagi menjadi 3, yaitu small, medium, dan large.

Adapun tune UP di Dokter Mobil dibagi menjadi tune UP performance dan tune UP ultimate.

TUNE UP PERFORMANCE TUNE UP ULTIMATE
Berkisar dari 1,7 sampai hampir 2 jutaan HARGA Berkisar di angka 2,1 sampai 2,5 jutaan
Membersihkan seluruh komponen pada saluran pembakaran PENGERJAAN Membersihkan seluruh komponen pada saluran pembakaran ditambah dengan SETTING ECU untuk meningkatkan tenaga mobil atau untuk menjadikan mobil lebih irit BBM
60 Menit ESTIMASI WAKTU Kurang dari 90 menit
Pemilik mobil boleh test drive TEST DRIVE Pemilik mobil boleh test drive
Garansi masalah  mobil pasti beres GARANSI Garansi masalah  mobil pasti beres

Baca Juga : Ketahui Cara Mudah Proses Tune Up Mobil di Bengkel Mobil

Hanya di Dokter Mobil, pemilik dapat melakukan test drive terlebih dahulu sebelum membayar. Dengan demikian, pemilik mobil bisa merasakan terlebih dahulu performa mobil sebelum dan setelah tune UP. Jika merasa sudah puas dengan hasil tune UP nya, pemilik mobil baru bayar. Keren kan?

Nah itulah sekelumit ulasan mengenai asap mobil hitam pekat dan solusi tepat yang dapat anda lakukan. Jangan tunda lagi untuk segera melakukan tune up di bengkel spesialis terpercaya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *