Posted by Intan Mobil Mesin Mobil

Penyebab Suara Mesin Avanza Ngelitik dan Solusinya

Ada beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan suara mesin Avanza ngelitik, dan kendala ini bisa saja membuat Kamu terganggu bukan? Apalagi permasalahan tersebut muncul secara tiba-tiba.

Tak perlu khawatir karena tulisan ini akan membahas sedikit tentang penyebab sekaligus solusi terbaik untuk mengatasinya.

Penyebab Suara Mesin Avanza Ngelitik

Ngelitik atau dalam bahasa teknik sering disebut dengan nama knocking merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami kendaraan, termasuk mobil. Knocking ini bisa terjadi karena tidak tepat waktunya ledakan combustion chamber. Pada akhirnya suara ngelitik timbul dari mesin mobil.

Terlepas dari itu, ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan bunyi ngelitik. Berikut ini ulasannya:

Kualitas bahan bakar kurang baik

Kualitas bahan bakar yang digunakan ternyata bisa menjadi penyebab munculnya ngelitik pada mesin mobil. Biasanya, masalah ini datang karena penggunaan bahan bakar dengan kualitas oktan yang jauh dibawah standar. Untuk oktan terendah bisa Kamu temui dengan mudah pada jenis bensin premium.

Memang tidak ada salahnya menggunakan bensin premium sebagai bahan bakar utama. Namun, akan jauh lebih baik jika Kamu memilih jenis bensin pertamax karena jumlah oktan nya terbilang mencukupi standar. Selain itu, pertamax juga memungkinkan untuk menjaga kualitas mesin supaya tetap berada pada kondisi maksimal.

Kotornya saringan bahan bakar

Selanjutnya, saringan bahan bakar yang kotor pun bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya bunyi ngelitik pada mobil. Bahan bakar yang nantinya masuk ke dalam mesin akan membawa kotoran-kotoran yang terdapat pada saringan. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk mesin mobil kesayanganmu.

Meski sering dianggap remeh, kenyataannya hal tersebut bisa menyebabkan gangguan seperti bunyi ngelitik saat berkendara. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, bukan tidak mungkin mesin mobil Kamu mengalami masalah lain. Oleh karena itu, Kamu selaku pemilik mobil sudah seharusnya rajin dan rutin merawat tangki bahan bakar.

Panasnya temperatur mesin

Bunyi ngelitik pada mobil Avanza juga bisa disebabkan oleh terlalu panasnya temperatur mesin atau overheat. Jika suhu atau temperatur mesin terlampau tinggi diatas rata-rata, bunyi ngelitik biasanya muncul. Namun bila mobil sudah kembali ke suhu normal, maka bunyi ngelitik pun turut menghilang dengan sendirinya.

Meski demikian, tentu Kamu tidak boleh membiarkannya begitu saja. Pasalnya, overheating hingga munculnya bunyi ngelitik bisa saja memicu mobil yang tengah dikendarai mogok. Oleh karena itu, disarankan untuk Kamu mengetahui akar permasalahan, biasanya berasal dari kipas pendingin, radiator, dan komponen lainnya.

Tekanan kompresi tinggi

Tekanan kompresi yang terlalu tinggi juga bisa memicu munculnya bunyi ngelitik pada mesin mobil. Tekanan tinggi apalagi tidak cocok dengan spesifikasi mesin jelas sangat tidak baik. Berawal dari tekanan kompresi tinggi, selanjutnya katup-katup tidak akan terbuka sebagaimana mestinya hingga akhirnya membuat klep dan lapisan karet kotor. Alhasil, seiring berjalannya waktu bunyi ngelitik kian terdengar makin besar.

Filter udara kotor

Kotornya filter udara ternyata dapat menyebabkan suara mesin mobil ngelitik saat dikendarai. Bukan itu saja, bahkan kondisi tersebut bisa menyumbat aliran udara sehingga konsumsi bahan bakar semakin boros secara drastis. Selain membuat boros, tersumbatnya aliran udara bisa mengakibatkan penurunan performa mobil terutama tenaga mesin. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika Kamu membersihkan filter udara secara rutin, paling tidak sebulan sekali.

Solusi Mengatasi Bunyi Ngelitik

Seiring perkembangan teknologi, banyak produsen-produsen mobil membuat inovasi yang tujuannya untuk mengurangi suara ngelitik pada produknya. Dibawah ini merupakan beberapa jenis sensor yang dibuat untuk meminimalisir bunyi ngelitik.

Knock Sensor

Knock sensor biasanya diletakkan pada bagian blok silinder yang di set untuk melakukan deteksi bila terjadi piston slap. Jika memang terjadi kendala, maka sensor akan memberikan sinyal yang nantinya diinformasikan ke komputer. Setelah itu, sistem pengapian secara perlahan diturunkan secara otomatis ketika suara ngelitik muncul.

Oxygen Sensor

Oxygen sensor pada dasarnya memiliki fungsi untuk mendeteksi kadar oksigen yang berada pada gas buang dan biasanya diletakkan di bagian catalytic converter. Dengan adanya sensor ini, memungkinkan untuk menyampaikan informasi ke komputer hingga akhirnya waktu pengapian diatur kembali termasuk injeksi volume bahan bakar.

Itulah beberapa penyebab suara mesin Avanza ngelitik beserta dengan solusinya. Sebenarnya masih terdapat banyak cara mengatasi suara ngelitik tak terkecuali perbaikan secara manual. Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat khususnya bagi Kamu yang tengah mengalami kendala serupa.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *