Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Cara Memperbaiki Suara Mesin Mobil Mendengung Seperti Lebah

Panduan Mengatasi Suara Mesin Mobil Mendengung Layaknya Lebak Madu

Suara mesin mobil mendengung sangatlah mengganggu pengguna ketika digunakan dalam perjalanan baik di dalam kota maupun ke luar kota. Dengungan bisa mengganggu konsentrasi pengendara. Saat menyetir dan ada suara dengungan, pasti kamu akan berpikir ada sesuatu yang tidak beres dengan mesin mobil, kan? 

Apakah tidak masalah tetap berjalan dengan kondisi seperti itu? Apakah aki bocor? Atau bensin akan habis? Atau apa? Pastinya berbagai macam pertanyaan akan muncul di benak kamu.

Komponen Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

Nah, untuk mengantisipasi kebingungan ini, kamu perlu mencari tahu, apa sih penyebab suara mesin mobil mendengung dan bagaimana cara mengatasinya. Tanpa perlu berlama-lama, mari simak artikel di bawah ini!

Pompa power steering rusak

Hal pertama yang perlu kamu cari tahu adalah kualitas power steering. Hal ini berlaku untuk mobil-mobil yang masih memiliki power steering hidrolik, ya. Kalau mobil dengan EPS alias electronic power steering tidak perlu ambil pusing. Untuk pengguna mobil dengan power steering hidrolik, ada komponen yang lengket dengan mesin mobil yang tujuannya memasok energi dan memudahkan beban kemudi.

Komponen ini memiliki bantalan. Nah, saat bantalan mulai aus, bunyi dengung akan sering terdengar. Apalagi saat setir membelok, suara ini akan semakin terdengar jelas. Jadi, untuk kamu yang memiliki mobil dengan power steering hidrolik, jangan lupa cek kondisi power steering kamu ketika terdengar suara dengungan.

Kompresor AC bermasalah

Apakah AC mobil kamu bermasalah? Apa anginnya tidak sedingin biasanya? Besar kemungkinan kompresor AC kamu aus. Di dalam kompresor AC ada metal yang saling bergesekan dan akan mengeluarkan suara mesin yang mendengung. Biasanya, suara dengung hanya akan terdengar saat AC mulai dinyalakan. Saat AC dimatikan, suara dengung akan hilang dengan sendirinya.

Tapi meskipun demikian, bukan berarti masalah ini bisa didiamkan, ya. Kalau dibiarkan, masalah AC mobil bisa semakin besar. Apalagi kalau freon AC sampai tersumbat, kerusakan akan semakin parah dan makin banyak pula biaya yang harus kamu keluarkan. Jadi, sebaiknya langsung bawa mobil kamu ke bengkel untuk memperbaiki kompresor AC.

Ban yang salah arah atau tidak rata

Selain masalah di dalam mesin, suara dengung ternyata juga bisa berasal dari ban mobil. Ban mobil memiliki satu arah putaran. Artinya, pemasangan yang tepat adalah jika mengikuti arah anak panah yang ada di ban. Nah, jika mekanik yang memasang ban mobil salah arah, mobil akan mengeluarkan suara mendengung ketika melewati aspal. 

Bukan hanya ban yang salah arah. Kalau ban tidak rata atau melewati jalanan yang tidak rata, suara mendengung juga bisa terdengar. Jadi, pastikan ban mobil kamu sudah rata dan sudah dipasang dengan arah yang benar, supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Bearing roda aus bikin suara mesin mobil mendengung

Biasanya, yang paling sering mengalami aus adalah bearing roda di bagian depan. Kenapa? Alasannya karena roda depan akan selalu menahan beban yang ada di mobil. Nah, saat komponen ini mulai aus, di situlah sering terdengar suara gesekan bahkan bunyi dengung dari mobil. 

Kalau kamu merasa bearing roda mobil sudah aus, segera bawa ke bengkel dan minta mekanik mengecek kondisinya. Kalau memang sudah aus, jangan ragu untuk langsung menggantinya dengan yang baru.

Lihat Juga: Penambah Tenaga Mesin Diesel

Itulah beberapa alasan suara mesin mobil mendengung. Ketahui empat poin di atas, agar kamu bisa mengantisipasi dengungan yang terjadi, atau kamu bisa segera mengambil tindakan ketika mesin mobil kamu mengeluarkan suara dengangung. Tetap bawa mobil kamu untuk mendapatkan servis rutin, supaya mobil tetap dalam kondisi prima dan bisa digunakan kapan saja.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *