Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Mesin Mobil

Penyebab Suara Tek Tek Pada Mesin Mobil, Selain Ngelitik

suara tek tek pada mesin mobil

Ada beberapa jenis kasus timbulnya suara tek tek pada mesin mobil. Masing-masing suara punya gejala dan masalah yang berbeda-beda. Oleh sebab itu wajib untuk dilakukan analisa suara yang dihasilkan kendaraan Anda. Sebuah mesin mobil pasti mengeluarkan suara tapi bila suara yang dihasilkan berisik dan tidak seperti biasanya, itulah awal sebuah mesin bermasalah.

Menganalisis suara berisik yang dihasilkan mesin mobil adalah cara untuk mendeteksi kerusakan pada mesin mobil Anda. Satu hal yang jelas, saat suara berisik berarti mobil Anda bermasalah. Masalah suara berisik biasanya ditambah dengan masalah akselerasi mobil yang bermasalah.

Situasi yang paling umum dihadapi saat suara berisik keluar adalah mesin mobil ngelitik. Biasa juga dikenal dengan engine knocking. Sayangnya, engine knocking bukan satu-satunya masalah yang gejalanya suara tek tek.

penyebab suara tek tek pada mesin mobil

Selain engine knocking atau mesin ngelitik, masih ada beberapa masalah lain yang gejalanya suara berisik berbunyi tek tek tek. Inilah daftar masalah yang bisa Anda jumpai saat mendengar suara tek tek pada mesin mobil:

  1. Clicking Noise dari Mekanisme Katup

Clicking noise adalah suara yang dihasilkan dari mesin mobil dengan volume kecil. Suara yang dihasilkan seperti ketukan halus. Tidak berisik dan sekasar engine knocking tapi berbeda dengan suara mesin mobil normal. Masalah yang timbul dengan gejala clicking noise adalah sistem katup. Ada tiga penyebab yang sering terjadi saat sistem katup bermasalah, yaitu masalah:

    • Tekanan Oli

Untuk mengatasi masalah pertama, Anda cukup melakukan kuantitas dan tekanan pada oli mesin. Apabila kuantitas kurang, berarti Anda harus menambahkan oli mesin. Bila volume sudah ditambah tapi suara tek tek pada mesin mobil masih keluar, maka lakukan pengecekan tekanan.

Bila tekanan rendah, berarti ada penyakit di sistem sirkulasi pelumas. Efeknya oli hanya berada di mesin bagian bawah dan tidak bisa naik ke mesin bagian atas. Penyebab rendahnya tekanan oli adalah komponen pompa oli mesin yang aus,  saringan oli mengalami sumbatan, atau masalah kekentalan oli yang tidak sesuai dengan mesin serta cuaca sekitar. Untuk mobil tua, masalah tekanan oli juga bisa diakibatkan oleh valve filter yang kotor atau aus.

    • Celah Katup Oversized

Celah katup adalah bagian yang juga patut diperiksa saat suara tek tek keluar dari mesin mobil. Bagi mobil-mobil tua, mekanisme katup perlu tindakan perawatan yang rutin. Bila perawatan jarang dilakukan, celah yang ada di rocker arm-ujung katup akan makin besar. Efeknya akan keluar suara berisik dari mekanisme katup tersebut.

Untuk mesin yang sudah menerapkan teknologi valve lifter hidrolis, tekanan oli mampu mengangkat valve lifter hingga celah katup tertutup. Sayangnya, bila teknologi ini bermasalah, suara berisik yang keluar jauh lebih kecil. Oleh sebab itu, sering-seringlah melakukan perawatan pada bagian sistem mekanik katup.

    • Valve Filter Aus

Komponen aus penyebab suara tek tek bukan hanya valve filter. Tapi pada sistem mekanik katup mesin yang masih memakai teknologi OHV (Overhead Cam), valve filter patut dicurigai sebagai komponen bermasalah. Valve filter yang bermasalah biasanya disebabkan aus, kotor, atau bocor.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu saja Anda harus membongkar sistem mekanik katup mesin. Sehingga kondisi valve filter dapat diketahui dan solusinya segera ditemukan.

  1. Rod knock dari Metal Jalan

Selain sistem mekanik katup, sistem bearing crankshaft/metal jalan juga bisa menyebabkan suara berisik dari mesin mobil. Apabila bearing crankshaft bermasalah, Anda wajib segera menghubungi bengkel kepercayaan Anda. Agar mekanik segera mengatasi masalah tersebut.

Apabila masalah metal jalan dibiarkan, makan akan sangat berisiko membuat mobil jadi turun mesin. Sebab, saat metal jalan bermasalah, maka mesin bisa macet dan merusak crankshaft.  Masalah yang sering muncul pada komponen metal jalan adalah kondisi metal jalan sudah aus atau metal rusak.

Baca Juga : Mobil Diesel Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan

Kasus bermasalahnya metal jalan ini umumnya terjadi pada mobil tua atau pada mobil yang jarak tempuhnya sudah jauh.

Oleh sebab itu, saat Anda mendengar suara tek tek dari mesin mobil Anda, segera lakukan analisa bunyi. Cek dari bagian mesin yang mana suara itu berasal. Suara yang dihasilkan oleh kasus metal jalan biasanya berupa ketukan keras dan berpola. Pada beberapa kasus, suaranya lebih keras daripada suara mesin ngelitik.

Itulah tadi sumber suara tek tek pada mesin mobil selain karena engine knocking. Tidak ada salahnya, Anda waspada saat suara mesin mobil berbeda dari biasanya. Sebab, risiko yang dimiliki oleh suara berisik bisa sampai pada turun mesin.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *