Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Penyebab Tarikan Innova Diesel Berat dan Cara Mengatasinya

Salah satu kendala seperti tarikan Innova diesel berat merupakan masalah yang cukup sering terjadi dan dikeluhkan banyak pengendara. Ada berbagai kemungkinan yang bisa mengakibatkan hal tersebut.

Dengan mengetahui penyebabnya, Kamu dapat menentukan tindakan yang harus diambil secara lebih mudah. Juga dapat mengetahui hal-hal apa yang sebaiknya tidak dilakukan agar masalah ini tidak muncul kembali.

Penyebab Tarikan Innova Diesel Berat

Mengingat masalah ini kerap terjadi, kamu dituntut harus mengetahui akar permasalahannya. Simak beberapa pemicu timbulnya masalah tarikan berat pada Innova berikut ini.

  • Tipisnya kampas kopling

Tipisnya kampas kopling merupakan penyebab yang sering terjadi pada masalah tarikan yang berat. Hal ini ditandai dengan pergerakan mesin berat dan bunyi mesin meraung tidak seperti biasanya. Selain itu, kampas kopling yang tipis juga bisa menyebabkan selip karena kurang kuatnya cengkraman kampas pada flywheel.

Solusi terbaiknya adalah mengganti plat kopling sesegera mungkin. Jika dibiarkan terlalu lama, maka akan berimbas pada kerusakan komponen lain seperti pressure plate dan flywheel.

  • Cengkraman rem terlalu kuat

Masalah selanjutnya yang dapat menyebabkan tarikan Innova berat adalah cengkraman rem yang terlalu kuat. Kendala ini biasanya sering menimpa berbagai jenis kendaraan, terutama pada jenis rem tromol.

Karena cengkraman rem yang terlalu kuat, maka dapat dipastikan bahwa mesin harus bekerja lebih keras. Hal ini bahkan bisa membuat tarikan menjadi tertahan bila kapasitas mesin tergolong kecil. Untuk mengatasinya, Kamu harus menyetel ulang rem tromol agar sesuai, tidak terlalu kuat maupun lemah.

  • Seretnya bearing roda

Bearing roda yang seret pun bisa menjadi pemicu tarikan pada mobil Innova berat. Bagi yang belum tahu, fungsi bearing roda yaitu sebagai bantalan roda yang berhubungan langsung dengan steering knuckle. Oleh karena itu, mobil akan terasa sangat berat jika terjadi permasalahan pada bearing roda.

Solusi terbaiknya adalah dengan memberikan pelumas pada bearing roda. Biasanya kasus serupa terjadi karena bearing yang kering sehingga seret dan mengganggu kinerjanya. Jika terlanjur rusak, sebaiknya Kamu bawa mobil kesayangan ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Macetnya turbo vane

Turbo vane merupakan salah satu komponen penting pada mesin diesel karena mampu mempengaruhi power dan torsi mesin dalam kompresi tinggi. Mungkin Kamu bisa bernafas lega karena mobil keluaran terbaru biasanya dibekali dengan variable geo turbo yang berfungsi untuk mengatur boosting turbo. Namun bila mobil tidak memiliki teknologi ini, maka sebaiknya Kamu atas permasalah sesegera mungkin.

Solusinya adalah membawa mobil ke bengkel atau dealer resmi. Pasalnya Kamu tidak akan bisa memperbaiki masalah tanpa dukungan peralatan canggih dan memadai. Proses pengecekan pun biasanya dilakukan dengan menggunakan komputer.

  • Masalah pada sistem transmisi

Biasanya, mobil matic merupakan jenis mesin yang sering mengalami tarikan berat karena terdapat masalah pada sistem transmisinya. Berbeda dengan transmisi manual yang umumnya menggunakan roda gigi, transmisi mesin matic memiliki mekanisme hidrolik dengan bentuk transmisi berupa plat lempengan.

Masalah tarikan ini bisa terjadi jika salah satu plat tersebut terhimpit atau menempel. Hal ini juga menyebabkan terhambatnya proses pemindahan gigi sehingga mobil terasa sangat berat meski gas diinjak sampai penuh.

Baca Juga : Penyebab Setir Mobil Speleng

Demikianlah pembahasan tentang penyebab tarikan Innova diesel berat sekaligus cara mengatasinya. Jika proses perbaikan dirasa sulit, sebaiknya Kamu bawa mobil kesayangan ke bengkel terdekat. Semoga tulisan ini memberikan banyak informasi yang bermanfaat, khususnya bagi Kamu yang mengalami permasalahan tarikan Innova berat.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *