Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC, Masalah dan Solusi Mobil, Service AC Mobil

Resiko Tekanan AC Mobil Berlebihan yang Perlu Diwaspadai

tekanan ac mobil

Ada beberapa faktor penyebab dari masalah tekanan AC mobil berlebih. Akibatnya, komponen AC mobil mudah rusak karena beberapa faktor. Salah satu faktor penyebab tekanan pada AC mobil Anda terlalu berlebih ini dikarenakan kelebihan kadar gas Freon. Jika kadar gas Freon mobil terlalu berlebih, maka suhu kabin mobil menjadi kurang dingin.

Kelebihan kadar gas Freon ini disebabkan oleh ketidakprofesionalan bengkel mobil saat mengisi ulang gas Freon. Akibatnya, kadar Freon AC mobil Anda terlalu berlebih. Sehingga, memaksa kompresor AC mobil bekerja ekstra keras.

Jika hal ini tidak segera diatasi, maka kompresor AC mobil Anda akan cepat rusak. Untuk mengatasi kerusakan pada kompresor AC mobil, maka Anda harus membawa ke bengkel servis AC mobil terpercaya.

Ini Dia Beberapa Resiko Tekanan AC Mobil Terlalu Berlebihan

penyebab starter mobil berat

Pengisian gas Freon melebihi kapasitas yang dianjutkan ini memang menyebabkan tekanan komponen AC mobil terlalu berlebih. Akibatnya, ada beberapa resiko yang disebabkan oleh pengisian gas Freon yang melebihi batas tersebut. Jika tidak segera diatasi, maka komponen AC mobil akan mengalami kerusakan. Untuk itu, ini dia beberapa resiko dari tekanan pada AC mobil yang terlalu berlebih. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Terputusnya Aliran Listrik ke Magnetic Clutch

Resiko pertama dari kelebihan gas Freon adalah terputusnya aliran listrik dari kompresor AC ke magnetic clutch. Hal ini disebabkan karena gas Freon terlalu banyak pada pipa AC mobil.

Terlalu banyaknya gas Freon pada pipa AC ini kemudian menghambat aliran listrik dari kompresor ke magnetic clutch. Akibatnya, suhu AC yang dihasilkan oleh kompresor tidak dapat dialirkan ke evaporator.

  1. Perputaran Suhu Kabin Mobil Tidak Maksimal

Resiko kedua adalah tidak maksimalnya perputaran suhu kabin mobil. Hal ini disebabkan karena suhu dingin yang dihasilkan kompresor tidak semuanya tertampung oleh evaporator. Akibatnya, kabin mobil terasa panas meskipun indikator AC mobil menunjukkan perputaran suhu maksimal.

  1. Tarikan Mobil Terasa Berat

Kelebihan tekanan AC mobil juga menyebabkan tarikan gas kendaraan. Hal ini disebabkan karena kadar gas Freon melebihi kapasitas yang direkomendasikan. Akibatnya, tarikan mobil terasa berat ketika AC mobil dinyalakan. Jika AC mobil tidak dinyalakan, maka tarikan gas mobil terasa normal.

Cara Mengatasi Masalah Tekanan AC Mobil yang Terlalu Berlebihan

Agar kompresor AC mobil tidak rusak karena tekanan yang terlalu berlebih, maka ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama, cek kondisi kompresor AC mobil. Jika kompresor AC mobil terlalu panas, maka matikan mobil dan kompres menggunakan air dingin.

Tunggu hingga kompresor AC kembali normal. Jangan pernah berkendara dengan keadaan kompresor AC mobil terlalu panas. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan mobil mengalami overheating.

Kedua, Anda disarankan untuk menambah kadar oli kompresor. Tujuannya agar komponen AC mobil tetap terlumasi dengan baik, meskipun dipaksa bekerja ekstra keras karena kadar Freon yang berlebih. Penambahan oli kompresor juga bertujuan agar komponen AC mobil tidak cepat aus atau berkarat.

Baca Juga : Penyebab Starter Mobi Berat

Ketiga, bawa mobil yang bermasalah ke bengkel terdekat guna mengurangi kadar gas Freon. Mengurangi kadar gas Freon AC mobil ini harus dilakukan oleh montir bengkel profesional dan terlatih.

Jika Anda mengurangi kadar gas Freon AC mobil secara mandiri, maka dapat menambah kerusakan pada komponen AC mobil. Oleh sebab itu, segera bawa mobil Anda ke Dokter Mobil cabang terdekat.

Dokter Mobil, Bengkel Terpercaya yang Direkomendasikan untuk Menangani Masalah pada AC Mobil

service dinamo starter mobil

Bagi pemilik kendaraan yang mengalami masalah tekanan AC mobil berlebih, maka Anda bisa membawa mobil ke Dokter Mobil cabang terdekat. Di Dokter Mobil, semua masalah mobil termasuk masalah kelebihan gas Freon.

Disini, Anda dapat berkonsultasi dengan para montir dan teknisi terkait jenis kerusakan pada komponen AC mobil. Setelah itu, montir dan teknisi akan mengambil tindakan servis untuk mengatasi kerusakan pada komponen AC mobil.

Bagi pemilik kendaraan yang mengalami masalah pada tekanan AC mobil, maka segera bawa mobil ke Dokter Mobil cabang terdekat yang ada di beberapa kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *