Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC

2 Penyebab Utama Tekanan Freon AC Tidak Stabil

tekanan freon ac tidak stabil

Tekanan freon AC tidak stabil atau tidak seimbang ini menyebabkan kerusakan pada mobil, terutama di komponen AC, oleh karena itu masalah tersebut harus segera diperbaiki. Apabila Anda tidak memperbaiki masalah tersebut dengan segera. Bisa jadi, komponen AC mobil mengalami kerusakan secara permanen.

Lalu, apa yang menyebabkan tekanan freon AC mobil menjadi tidak stabil? Nah, tekanan freon AC ini disebabkan oleh beberapa hal. Untuk itu, Anda wajib tahu apa saja yang menyebabkan tekanan freon AC mobil Anda ini menjadi tidak stabil. Setelah Anda mengetahui apa penyebabnya. Maka, Anda dapat mengambil tindakan solutif untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab-Penyebab Tekanan Freon AC Tidak Stabil

Tekanan freon AC mobil yang tidak stabil ini disebabkan oleh beberapa hal. Anda harus tahu apa saja yang menjadi penyebabnya. Apabila masalah ini dibiarkan tanpa adanya tindakan solutif. Bisa jadi, komponen AC mobil rusak karena mudah aus atau pecah karena tekanan freon mobil selalu naik turun.

Untuk itu, ini dia beberapa penyebab-penyebab tekanan freon AC mobil menjadi tidak seimbang. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Adanya Masalah Pada Kondensor

Kondensor AC mobil ini berfungsi untuk membuang suhu panas dan menyalurkan suhu dingin ke evaporator. Namun, bagaimana bila kondensor ini mengalami kerusakan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya ?

Akibatnya, tekanan freon AC mobil ini naik turun secara tidak seimbang. Alhasil, suhu yang dihasilkan AC mobil menjadi kurang dingin atau malah mengeluarkan udara panas. Jadi, segera periksa kondisi kondensor AC mobil Anda di bengkel terdekat agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen AC mobil lainnya. Atau anda harus lebih sering merawat kondensor AC baik itu di bengkel maupun mandiri.

  1. Pengisian Freon AC Mobil Secara Berlebih

Pengisian freon AC mobil secara berlebih ini menjadi salah satu penyebab dari tekanan AC tidak stabil. Sebab, freon AC mobil yang berlebih ini akan menekan saluran pipa AC dan menyebabkan aliran listrik ke magnetic clutch terputus.

Hal inilah yang menyebabkan tekanan freon AC mobil menjadi naik turun tidak seimbang. Sehingga, suhu udara yang dikeluarkan AC mobil menjadi tidak stabil dan membuat kabin mobil menjadi kurang dingin. Untuk itu, isi freon AC secukupnya tidak menimbulkan kerusakan pada komponen AC mobil.

Resiko-Resiko Dari Masalah Tekanan Freon AC Tidak Seimbang

Apabila Anda menemui gejala-gejala kerusakan pada AC mobil. Maka, segera cek kondisi mobil ke bengkel terdekat. Apabila masalah pada AC mobil ini tidak segera diatasi. Bisa jadi, komponen AC mobil mengalami kerusakan secara permanen.

Lalu, Anda harus membeli komponen AC mobil baru dengan harga yang tidak murah. Untuk itu, inilah beberapa resiko dari masalah tekanan freon AC mobil yang tidak seimbang. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. AC Mobil Tidak Dingin

Tekanan freon AC mobil yang tidak seimbang ini menyebabkan suhu AC mobil Anda kurang dingin. Sebab, tekanan freon AC naik turun ini bisa memutus aliran listrik ke magnetic clutch. Akibatnya, gas freon pun tidak terserap sempurna oleh kondensor. Alhasil, masalah tersebut dapat menurunkan kadar suhu udara yang dikeluarkan oleh mobil.

  1. Dapat Menyebabkan Overheating atau Mesin Mobil Cepat Panas

Tekanan freon AC tidak stabil ini juga dapat menyebabkan mesin mobil cepat panas atau overheating. Sebab, tekanan freon AC mobil naik turun ini dapat merusak komponen kompresor ataupun kondensor mobil.

Akibatnya, suhu mesin mobil akan cepat panas karena tidak ada komponen yang berguna untuk menstabilkan suhu mesin mobil. Untuk menghindari resiko tersebut. Maka, Anda harus berhati-hati saat mengisi freon AC mobil. Jangan pernah mengisi freon AC secara berlebih atau kurang dari batas yang dianjurkan.

Baca Juga : Penyebab Radiator Bocor

Tekanan freon AC tidak seimbang ini dapat menyebabkan masalah pada mobil Anda. Bahkan, salah satu resiko dari tekanan freon AC naik turun ini dapat menyebabkan mesin mobil mengalami overheating. Untuk itu, pastikan tekanan freon AC mobil Anda tetap stabil. Guna menjaga suhu kabin tetap dingin dan tidak merusak komponen mesin mobil lainnya.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *