Posted by Mekanik Juan Mobil Kurang Tenaga

Ternyata Ini Sebabnya Tarikan Mobil Berat Saat AC Nyala

Salah satu polemik pengendara yang kerap dikeluhkan yakni tarikan mobil berat saat AC nyala. Kondisi ini berubah menjadi sangat menjengkelkan ketika anda sedang berkendara di jalan tol atau jalan perkotaan, tenaga menjadi lemah sehingga moment berkendara tidak bergairah.

Jangan anggap remeh, hal ini menandakan gejala kerusakan yang sedang terjadi pada mesin harus segera diperbaiki segera. Apa saja penyebabnya? Selengkapnya simak dibawah ini;

1. Kompresor Yang Terlalu Besar

Cobalah ingat kembali, apakah sebelumnya anda pernah mengganti part kompresor? Umumnya, kompresor kw yang digunakan terlalu besar sehingga melebihi standar pabrikan. Jika kompresor yang digunakan bukanlah standar pabrikan, alhasil kinerja kompresor terlalu membebani kinerja mesin. Salah satu gejalanya tarikan menjadi berat ketika AC nyala.

Solusinya yakni segera beralih menggunakan kompresor asal pabrikan, pastikan part yang anda gunakan memang original dan berkualitas.

2. Sirkulasi AC Kurang Optimal

Penyebab selanjutnya yakni bisa disebabkan oleh sirkulasi AC yang kurang optimal dalam berkinerja, bisa jadi terdapat dalam kondensor, evaporator, dan saluran AC. Jika beberapa piranti tersebut mengalami indikasi kebocoran, maka sirkulasi menjadi terganggu.

Tidak ada hal yang bisa dilakukan selain membawa ke bengkel spesialis AC untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Kebocoran AC akan lebih baik dideteksi dengan perangkat khusus, bukanlah asumsi agar pengerjaan menjadi lebih akurat.

3. Filter Udara Bermasalah

Penyebab selanjutnya adalah filter udara yang sudah kotor atau bermasalah. Sudha tahu belum bahwa filter udara sangat berkaitan dengan kinerja pengapian? Tidak hanya bensin, namun udara juga dibutuhkan untuk mendapatkan proses pembakaran yang optimal.

Jika filter udara sudah dalam kondisi kotor, maka kinerja mesin pun ikut terhambat sehingga inilah yang menyebabkan tarikan menjadi lebih berat. Filter udara bekerja untuk menyaring debu-debu yang masuk agar udara yang dihasilkan untuk pembakaran menjadi berkualitas. Seiring dengan intensitas pemakaian pengguna, maka tidak heran bila filter udara menjadi kotor. Alhasil filter tidak dapat menyaring udara kembali sehingga kotoran mudah lolos masuk ke ruang bahan bakar.

Solusinya yakni bersihkan filter udara secara menyeluruh. Jika tidak memungkinkan untuk dibersihkan, maka opsi terakhir anda harus mengganti filter udara baru.

4. Oli Jarang Diganti

Kapan terakhir anda mengganti oli secara berkala? Tidak heran bila tarikan mobil berat saat ac nyala juga dapat disebabkan oleh kinerja mesin yang tidak optimal karena kualitas oli buruk. Tanpa disadari, oli sangatlah mempengaruhi kinerja mesin. Sebagus apapun oli yang digunakan, jika oli jarang diganti secara berkala maka kualitas akan menurun.

Baca Juga : Sebaiknya Ganti Oli Mobil Tiap Berapa KM? Ini Jawabannya

Menurunnya kualitas oli tentu menurunkan kinerja mesin, sehingga mesin mudah menjadi lebih panas hingga berujung gejala overheat. Bahaya bukan?

5. Setelan RPM Kurang Tepat

Sudah tahu belum bahwa penyetelan RPM yang kurang tepat dapat mempengaruhi putaran dan beban mesin? Umumnya, RPM mobil ketika diam dan tidak menyalakan AC adalah sekitar 800 rpm. Namun jika AC dinyalakan, maka idle meningkat menjadi 900-1000 rpm.

Solusinya yakni anda dapat meminta bantuan mekanik bengkel untuk dilakukan penyetelan ulang RPM. Ingat ya, jangan perbaiki sendiri sebab dapat memicu salah bongkar.

Nah itulah ulasan seputar tarikan mobil berat saat ac nyala. Segera lakukan penanganan secara tepat agar kerusakan tidak merembet ke komponen lainnya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *