fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Ternyata Sepele, Ini Penyebab Asap Berwarna Hitam dan Solusi

Jangan anggap remeh penyebab asap berwarna hitam. Gejala ini muncul sebab terdapat beberapa masalah atau kerusakan dalam ruang pembakaran mesin mobil sehingga menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna.

Pembakaran sempurna, asap bebas dari warna. Jika kalau sudah berwarna, anda perlu waspada. Kira-kira penyebab asap berwarna hitam ? Umumnya hal ini disebabkan ketidakseimbangan antara perawatan dan pemakaian. Sebagian pengguna masih menganggap sepele dan remeh selagi mobilnya baik-baik saja. Singkarkan stigma itu sekarang juga. Segera kenali penyebab selengkapnya dibawah ini;

Ruang Pembakaran Kotor

Umumnya, penyebab asap berwarna hitam dipicu oleh ruang pembakaran yanng sudah kotor. Mengapa dapat kotor?

Ruang pembakaran merupakan tempat muasal api yang merubah menjadi energi agar mesin dapat berkinerja. Selain bensin, kontimen lainnya yakni udara melalui penuyaringan filter udara. Bensin, udara serta oli berpadu menghasilkan energi. Sisa kontimen yang tidak dapat terbakar secara sempurna disebut residu. Residu merupakan kerak karbon berwarna hitam yang umumnya kita temukan dalam sluran knalpot. Jadi, tidak heran bukan bila asap knalpot berubah menjadi berwarna hitam?

Beberapa part ruang pembakaran dapat mengalami kerak karbon diantaranya ialah busi, koil, thottle body, injektor, dsb. Jika part tersebut mengalami penumpukan kotoran, maka  kinerja menjadi terhambat sehingga menghasilkan residu.

Lantas apa solusinya?

Untuk mengatasi gejala tersebut, maka solusi yang dapat anda lakukan yakni tune up secara berkala minimal 6 bulan sekali. Tujuannya tidak lain untuk membersihkan ruang pembakaran bersih dari penumpukan kotoran. Alhasil, kinerja mesin menjadi lebih ringan serta efisien bahan bakar.

Baca Juga : Ketahui Cara Mudah Proses Tune Up Mobil di Bengkel Mobil

Oli Sudah Jelek

Penyebab selanjutnya yakni oli yang sudah menurun kualitasnya alias jelek. Mengapa oli dapat jelek?

Seiring dengan berjalannya waktu disertai tingginya intensitas pengunaan mobil, maka wajar saja bila oli semakin menurun kualitasnya sebab terpakai secara terus-menurus. Namun sudahkah anda mengetahui mengapa oli cepat menghitam dari yang semua berwarna bening? Tidak lain hal ini disebabkan oleh pergerakan piston sehingga partikel besi dari piston tercampur dengan oli.

Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk mengganti oli secara berkala minimal 3 – 6 bulan sekali agar performa mesin semakin prima bertenaga.

Nah itulah ulasan mengenai penyebab asap berwarna hitam. Semoga dapat menjadi rujukan bagi kita semua selaku pengguna mobil bijak dan cerdas. Jangan biarkan kenyamanan berkendara terenggut oleh minimnya perawatan mobil yang anda berikan.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button