fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Tips Memilih dan Membeli Pajero Sport Bekas Berkualitas

Panduan dan Tips Membeli Pajero Sport Bekas atau Second yang Berkualitas

Berbagai tips membeli Pajero Sport bekas sangat diperlukan untuk memastikan anda mendapatkan mobil second berkualitas. Pastikan anda tahu. Karena pemilihan yang tepat dapat memberikan kepuasan 

5 Tips Membeli Pajero Sport Bekas

Dalam memilih Pajero Sport bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan diperlukan pengetahuan yang memadai bagaimana memilih mobil bekas berkualitas.

Adapun beberapa tips beli pajero dakar bekas dan pajero sport bekas, di antaranya adalah:

Perhatikan Kilometer Mobil

Disarankan untuk membeli mobil dengan kilometer yang masih rendah. Untuk mobil dengan kilometer diatas 100 ribu sebaiknya tidak dibeli. Mengapa? Karena mobil dengan kilometer setinggi itu biasanya sudah banyak part yang perlu diganti.

Amat sangat jarang menemukan mobil berkilometer lebih dari 100 ribu yang memiliki status “Layak untuk Dibeli”.

Check Kondisi Mesin Pajero

Kondisi mesinpun harus diperhatikan dengan baik. Apakah ketika mesin dinyalakan menghasilkan suara-suara aneh, dan apakah getaran mesin terlalu tinggi.

Sebaiknya bawa orang yang memahami kondisi mesin secara mendetail untuk memastikan apakah mesin memang layak. Nah jika ditemukan adanya kendala pada mesin, maka anda tidak harus langsung tolak. Anda bisa tetap membeli mobil tersebut dengan catatan:

  1. Apakah masalah mobil tersebut masih bisa diatasi 100%
  2. Jika memang bisa diatas, berapa biaya yang dibutuhkan? Dan apakah masuk dengan budget anda
  3. Apakah penjual memastikan memberikan garansi atau janji hitam diatas putih mengenai kondisi mobil

Dengan ketiga hal di atas anda bisa menentukan dengan lebih baik kelayakan sebuah pajero bekas untuk dibeli.

Check Bau-Bau Mobil Pernah Dibuka atau Belum

Salah satu hal yang paling sering tidak diperhatikan ketika membeli Pajero adalah kondisi baut mobil. Padahal hal ini sangat penting karena memberikan informasi apakah mobil pernah mengalami turun mesin.

Jika mobil pernah turun mesin, maka dapat dipastikan mesin tersebut mungkin akan bermasalah kembali. Dan bisa jadi ada komponen lain yang sebenarnya sudah tidak orisinil.

Check Body Mobil untuk Menemukan Tanda Bekas Tabrakan

Anda juga perlu mengecheck seluruh body mobil untuk mendapatkan informasi apakah mobil pernah mengalami tabrakan atau tidak. Dan jika memang ada lecet atau tanda tabrakan, carilah informasi tingkat kerusakan akibat tabrakan tersebut. Apakah hanya menyebabkan gores, atau menyebabkan kerusakan part dan mesin.

Check Keabsahan Surat-Surat Mobil

Hal lain yang paling penting adalah surat-surat yang berlaku. Jangan sampai anda mendapatkan mobil yang ternyata surat-suratnya bermasalah. Entah surat-suratnya palsu, dijaminkan ke pihak lain, ataupun berstatus sengketa.

Selain itu, jangan sampai juga ternyata mobil merupakan kendaraan hasil curian atau bekas perampokan. Karena pada akhirnya akan menyebabkan masalah untuk anda.

Yang Harus Dilakukan Setelah Beli Pajero Bekas

Setelah anda menemukan pajero second terbaik, maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Adapun hal tersebut antara lain adalah:

  1. Segera Urus Masalah Surat-Surat

    Balik nama perlu dilakukan segera setelah anda melakukan transaksi pembelian mobil. Dengan demikian anda terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

  2. Bawa Ke Bengkel untuk Melakukan Pengecheckan Menyeluruh

    Setelah masalah surat-surat beres, anda bisa langsung membawa mobil ke bengkel untuk pengecheckan kondisi mobil. Ini untuk memastikan kondisi mobil benar-benar layak pakai setelah anda menerima mobil. Ya, karena ada beberapa kejadian mobil setelah diserahterimakan ternyata kondisinya berubah.

  3. Lakukan Tune UP

    Tune UP wajib dilakukan setelah membeli mobil bekas. Disarankan untuk tune UP di bengkel yang bisa membersihkan seluruh bagian. Meliputi piston, valve, intake, injektor, katalitik, EGR, dan lain-lain.

Demikianlah beberapa tips membeli Pajero Sport bekas yang pasti bisa membantu anda menemukan mobil terbaik untuk kebutuhan anda. Namun yang terpenting adalah pastikan untuk melakukan tune UP secara berkala. Dengan demikian performa mobil akan kembali seperti baru.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *