Posted by Mekanik Juan Upgrade Performance

5 Cara Meningkatkan Performa Mobil Agar Irit dan Bertenaga

Proses Setting Piggyback Pro untuk Meningkatkan Performa Mobil

Sebagian besar orang masih bingung cara meningkatkan performa mobil sehingga tenaganya naik dan konsumsi bahan bakar tetap irit. Walaupun banyak jasa yang menawarkan meningkatkan tenaga mobil, namun umumnya menjadikan mobil boros bahan bakar. Ada juga yang bisa meningkatkan tenaga mobil, namun menyebabkan mobil harus sering ganti aki.

Apakah ada cara untuk mendapatkan mobil yang bertenaga namun tetap irit BBM? Ya tentu saja ada. Bagaimana caranya?

Lihat Juga: Meningkatkan Performa Mobil Karburator

Cara Terbaik Meningkatkan Performa Mobil

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dan terbukti efektif untuk meningkatkan tenaga mobil tanpa menjadikannya boros BBM. Beberapa cara tersebut bisa anda coba salah satunya, ataupun dipakai kelimanya untuk hasil maksimal.

Adapun cara meningkatkan performa dan kinerja mobil tersebut adalah dengan:

1. Memasang Volt Stabilizer

Kelistrikan mobil memegang peran penting dalam menjadikan mobil lebih bertenaga. Karena sebagian besar kasus di mana mobil kurang tenaga ternyata disebabkan aliran listriknya tidak stabil.  Hal ini menyebabkan ada komponen yang kekurangan pasokan listrik, dan ada komponen yang mendapat listrik berlebih sehingga terjadi korsleting.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, menggunakan volt stabilizer adalah jawabannya. Selain meningkatkan tenaga mobil, pemasangan volt stabilizer juga akan membantu untuk:

  • Menjadikan kualitas audio barang elektronik di dalam mobil menjadi lebih jernih
  • Menjadikan kualitas gambar video barang elektronik di dalam mobil menjadi lebih enak dilihat
  • Menjadikan akselerasi dan kecepatan mobil lebih maksimal
  • Menjadikan mobil lebih nyaman dikendarai.

Sejauh ini hanya ada 2 volt stabilizer yang direkomendasikan, yaitu JS One dan R-Project. Dan keduanya tidak hanya mampu menjadikan mobil lebih bertenaga dan nyaman dikendarai, namun juga mampu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar di dalam mobil.

2. Melakukan Piggyback Pro

Cara selanjutnya untuk meningkatkan performa mobil adalah dengan melakukan piggyback pro. Ini bukanlah alat, namun program lunak (software) yang diinstal pada sistem mobil. Software ini akan membantu mengefisiensikan berbagai sistem kerja mobil ke titik efisiennya.

Dengan melakukan piggyback pro, mobil akan lebih bertenaga (horse powernya meningkat) namun tidak menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat. Justru sebaliknya, dengan melakukan Piggyback Pro, konsumsi bahan bakar mobil akan turun secara signifikan. Dapat dikatakan, dengan piggyback pro, settingan mobil akan ada di settingan terbaiknya.

Sayangnya, anda tidak bisa melakukan Piggyback Pro di sembarang tempat. Hanya Dokter Mobil yang memiliki software canggih dan pengerjaan Piggyback Pro ini.

3. Tune UP Ultimate

Perawatan tune up dapat mengembalikan performa mobil seperti baru kembali. Tentunya dengan syarat seluruh komponen mobil dibersihkan dari kerak karbon sehingga sistem pembakaran bisa berjalan sempurna.

Uniknya, ada yang namanya tune up ultimate yang bisa meningkatkan performa mobil lebih dari tune up biasa. Kok bisa? Memangnya apa bedanya dengan tune up biasa?

Tune up ultimate adalah tune up yang ditambah dengan setting ecu. Setelah mobil selesai ditune up, maka ECU mobil akan disetting sehingga bisa memberikan efek tarikan mobil yang lebih enteng tanpa menyebabkan konsumsi bbm menjadi boros. Canggih!

4. Remap ECU Mobil

Cara meningkatkan performa mobil berikutnya adalah dengan melakukan remap ECU. Proses remap hanya butuh sekitar 1 jam, namun dapat memberikan peningkatan HP yang signifikan pada mobil. Menjadikan tenaga mobil meningkat sekitar 10 sampai 30 persen dari HP awal, juga menjadikan akselerasi, torsi, dan top speed mobil meningkat secara signifikan.

Apakah remap bikin boros BBM? Pertanyaan ini sering muncul. Jawabannya ternyata tergantung bagaimana kita membawa mobil. Jika membawa di jalan yang lebih lengang tentu efek remap akan membantu konsumsi bahan bakar jadi lebih irit. Tapi jika dibawa di jalanan yang terlalu macet, konsumsi bahan bakar akan terasa meningkat.

5. Busi Iridium dan Koil Racing

Pembakaran yang sempurna akan mencegah terjadinya kejadian seperti mobil pincang maupun brebet. Pembakaran sempurna juga menjadikan tenaga mobil bisa dihasilkan mesin dengan sempurna.

Untuk menghasilkan pembakaran yang lebih baik, penggunaan busi iridium dan koil racing sangat penting. Dengan demikian, busi dapat menghasilkan pembakaran yang lebih besar, dan koil dapat mengolah api yang lebih besar tersebut dengan lebih sempurna.

Itulah beberapa cara meningkatkan performa mobil yang paling mudah dan paling terbukti berhasil serta diakui banyak pecinta otomotif roda empat. Sebenarnya masih ada beberapa cara lainnya yang bisa dicoba. Namun kami hanya memilihkan 5 yang memang terbaik dan sudah teruji. Selamat mencoba dan tetap berkendara dengan aman.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *