Posted by Intan Mobil Mesin Mobil, Tips Beli Mobil

Tips Membeli Mobil Bekas Diesel Murah dengan Performa Oke

tips membeli mobil bekas diesel

Anda yang tahu tips membeli mobil bekas diesel akan terbantu dalam mendapatkan mobil idaman. Juga terhindar dari kesalahan yang mungkin terjadi. Misalnya mendapatkan mobil yang kondisinya rusak. Atau mendapatkan mobil yang surat-suratnya kurang lengkap.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan mobil idaman sangat penting untuk tahu apa saja ciri mobil yang layak beli. Juga penting untuk tahu bagaimana menentukan bahwa mobil diesel performanya masih baik. Jangan sampai anda menjadi korban selanjutnya dari penjual mobil nakal yang menjual mobil dengan kondisi kurang baik.

Hal yang Terjadi Jika Sembarangan Membeli Mobil Diesel Bekas

Ya, banyak pembeli mobil bekas kecewa setelah membeli karena mobil diesel pilihannya jauh dari harapan. Beberapa kekecewaan yang biasa muncul antara lain adalah:

Mobil Tiba-Tiba Rusak

Faktanya, lebih dari 50 persen pembeli mobil bekas kecewa. Karena setelah dipakai beberapa bulan, masalah mobil muncul. Misalnya tiba-tiba brebet, atau tenaganya tiba-tiba ngempos.

Hal ini biasa terjadi karena saat dijual mobil sebenarnya dalam keadaan rusak. Namun oleh penjual mobil dipoles sedemikian rupa sehingga tampak normal.

Surat-Surat Mobil Bermasalah

Saat membeli mobil diesel bekas, surat-surat sangatlah penting untuk dicheck. Pastikan kelengkapan surat-suratnya ada dan berlaku secara sah. Banyak pembeli mobil merasa kecewa karena surat-suratnya ternyata bermasalah.

Masalah pada surat-surat misalnya ternyata suratnya palsu, atau berada pada pihak ketiga. Selain itu, masalah lain yang kerap muncul adalah surat yang masa berlakunya sudah habis sehingga anda harus melunasi tagihan dan membayar denda.

Dan masih banyak bentuk kekecewaan yang muncul lainnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk tahu tips apa saja yang bisa membantu mendapatkan mobil diesel second idaman anda. Karena tidak semua mobil bekas itu bagus, namun tidak semua mobil bekas itu mengecewakan.

5 Tips Membeli Mobil Bekas Diesel Agar Tidak Kecewa

Tidak ada salahnya membeli mobil bekas. Namun agar tidak sampai kecewa, ada beberapa tips yang perlu diketahui. Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan anda bisa membawa pulang mobil diesel impian anda.

Ada setidaknya 7 tips yang bisa diikuti, di antaranya adalah:

Harga Bukan Segalanya

Ada yang mencari mobil bekas dengan harga murah. Ada juga yang merasa bahwa mobil dengan harga tinggi berarti kondisinya masih bagus. Hal ini tentunya keliru.

Harga tidak menjamin kualitas sebuah mobil bekas. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengecheck seluruh kondisi mobil secara menyeluruh. Dari sana anda dapat menentukan apakah harga yang ditawarkan itu kemahalan, sesuai, atau memang dijual sangat murah sehingga wajib untuk dibeli.

Surat-Surat Wajib Ada

Banyak sekali kasus dimana mobil diesel bekas dihentikan ditengah jalan oleh orang-orang dealer. Ternyata mobil tersebut belum melunasi tagihan. Oleh sebab itu, sebelum membeli mobil bekas pastikan untuk menanyakan kelengkapan surat-surat.

Ada 3 hal mengenai kelengkapan surat-surat. Yang pertama adalah keaslian surat-surat. Yang kedua adalah kelengkapan surat-surat. Yang ketiga adalah apakah surat-surat tersebut masih berlaku.

Bawa Teman yang Memahami Mobil Diesel

Membeli mobil sebaiknya ditemani oleh orang yang memang memahami kondisi mobil secara keseluruhan. Orang ini adalah orang yang bisa melihat apakah mobil pernah mengalami kecelakaan, kebanjiran, turun mesin, atau pernah ganti part besar-besaran.

Anda bisa meminta bantuan teman yang memahami otomotif, atau bisa menyewa mekanik di sebuah bengkel untuk menemani anda memilih mobil. Namun pastikan bahwa orang yang anda ajak memang memahami mobil diesel. Karena ada perbedaan cukup mencolok dalam menentukan kondisi mobil diesel dengan kondisi mobil bensin.

Check Part-Part Mobil

Dengan bersama teman yang memahami mobil diesel, anda bisa melakukan pengecheckan secara menyeluruh. Pengecheckan bisa meliputi kemulusan body, berfungsi tidaknya tiap-tiap part, mencari cacat pada mobil, hingga menyesuaikan spesifikasi mobil dengan keterangan yang diberikan oleh penjual.

Karena banyak part yang perlu dicheck dan pastinya akan memakan waktu, ada baiknya untuk mengajak beberapa teman. Juga jangan malu untuk mengecheck beberapa saat lamanya. Tidak perlu terburu-buru dan sungkan dalam melihat kondisi mobil. Jika mobil memang dalam kondisi baik, penjual akan sabar dan membiarkan anda melakukan pengecheckan menyeluruh.

Test Drive Performa Mobil Diesel yang Hendak Anda Beli

Test drive adalah hal wajib dalam menentukan apakah mobil benar-benar dalam kondisi baik. Juga untuk memastikan mobil memang nyaman saat digunakan. Selain itu, test drive juga untuk mengetahui bahwa mesin bekerja dengan normal.

Dalam melakukan test drive pastikan untuk mengetest mobil dalam 5 hal, yaitu apakah nyaman saat digunakan, apakah mampu melibas jalan menanjak, apakah masih bertenaga saat membawa banyak orang, apakah ada suara-suara aneh saat digunakan, dan bagaimana konsumsi BBM nya.

Part serta Komponen yang Perlu dan Wajib Dicheck

Karena ada banyak sekali part pada mobil dan akan sangat-sangat memakan waktu untuk mengecheck semuanya, maka checklah part yang paling penting. Adapun beberapa part dan komponen tersebut adalah:

Starter Mobil Mobil diesel dalam kondisi baik ketika distarter langsung dapat menyala. Sebaliknya ketika distarter 2-3 kali masih tidak bisa dapat menyala, berarti ada masalah pada mobil.
Kompresi Mesin Cara memeriksa kompresi mesin kendaraan diesel dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  • Nyalakan mesin mobil bekas diesel idaman;
  • Buka penutup wadah saluran oli mesin;
  • Injak pedal gas mobil setelahnya.

Jika Anda menemui hembusan udara kuat yang keluar dari lubang saluran oli mesin, hal ini menandakan bahwa kompresi mesin mobil sudah tak prima.

Tegangan Batterai Mobil diesel pada umumnya memiliki tegangan baterai sebesar 12 volt. Sementara itu kendaraan diesel berupa bus dan truk memiliki tegangan 24 volt untuk masing-masing baterainya.

Apabila Anda maupun penjual tidak memiliki volt meter, lakukan pengecekan pada dashboard mobil. Apabila kunci kontak berada dalam posisi nyala dan indikator baterai tak menyala, itu berarti tidak ada masalah pada tegangan baterai.

Oli Mobil Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dari oli mobil diesel adalah kandungan di dalam cairannya. Tarik stik oli dan bila di dalamnya tak terdapat serpihan kerak atau kotoran, itu berarti oli dalam keadaan baik.

Hal kedua adalah konsistensi oli. Apabila cairan oli masih encer dan tak pekat, maka kondisinya pun tak perlu dikhawatirkan.

Asap Knalpot Kendaraan diesel berusia tua mengeluarkan asap keabuan yang cukup pekat. Sementara itu, mobil bekas diesel yang sudah modern lebih ramah lingkungan karena dilengkapi dengan diesel particulate filter (DPF).

Sangat disarankan untuk melihat warna asap yang keluar dari knalpot mobil. Jika warna yang keluar putih, itu berarti terdapat oli yang bocor di dalam ruang pembakaran. Hal ini termasuk dalam kerusakan yang cukup berat dan harus dihindari.

Setelah anda menemukan mobil diesel idaman dan membelinya, jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan berkala untuk mobil diesel. Dengan demikian performa mobil akan tetap optimal.

Itulah beberapa tips membeli mobil bekas diesel yang sekiranya bisa dijadikan acuan. Nah, sudah ada gambaran mobil mana yang hendak anda bawa pulang? Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari mobil diesel.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *