Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Perawatan Mobil

Tips Perawatan Mobil Agar Tetap Nyaman Saat Digunakan

perawatan mobil

Agar mobil tetap nyaman kala digunakan berkendara. Maka, Anda harus memberikan perawatan mobil manual dan matic secara rutin dan terjadwal. Ya, merawat mobil ini memang menjadi kewajiban bagi pemilik kendaraan agar mobil tetap nyaman dan aman saat Anda gunakan berkendara. Bisa saja, mobil tampak baik-baik saja. Akan tetapi, ada kerusakan di bagian komponen mesin mobil.

Sehingga dapat membahayakan Anda ketika digunakan berkendara. Untuk itu, memberikan perawatan untuk mobil ini wajib dilakukan secara rutin. Minimal satu kali dalam satu bulan. Apabila Anda terlambat untuk memberikan perawatan pada mobil kesayangan Anda. Bisa jadi, mobil Anda mengalami kerusakan yang tidak Anda sadari penyebabnya.

5 Tips Memberikan Perawatan Mobil Agar Tetap Aman dan Nyaman

Untuk merawat kondisi mobil agar tetap prima saat digunakan. Maka, Anda dapat merawat mobil secara mandiri dirumah. Akan tetapi, ada baiknya untuk membawa mobil ke bengkel mobil terdekat. Sebab, dengan bantuan montir bengkel berpengalaman ini dapat membantu memberikan treatment yang cocok untuk mobil Anda.

Untuk itu, ada 5 tips dalam memberikan perawatan mobil yang wajib Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Selalu Mengecek Kadar Oli Mesin dan Oli Transmisi

Tips pertama untuk merawat mobil Anda dirumah maupun di bengkel mobil terdekat ini adalah dengan mengecek kadar oli mesin dan oli transmisi. Sebab, mengecek oli mesin dan oli transmisi ini sangatlah penting.

Apabila kadar oli mesin dan oli transmisi ini kurang dari kapasitas. Maka, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin dan transmisi persneling mobil matic dan juga mobil manual. Cara mengecek kadar oli mesin dan oli transmisi ini sangatlah mudah. Anda cukup membuka deep stick oil tank mobil.

  1. Mengganti Air Radiator Secara Berkala

Salah satu penyebab mobi Anda kerap mengalami overheating atau suhu mobil mudah panas ini disebabkan oleh kondisi air radiator yang kurang dari kadarnya. Akibatnya, radiator tidak mampu meredam suhu panas mobil. Karena tidak ada air yang disemprotkan ke bagian mesin mobil. Untuk mencegah overheating.

Maka, Anda wajib mengecek dan mengganti air radiator secara berkala. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan air radiator khusus seperti air coolant radiator atau radiator super coolant untuk menjaga kestabilan suhu mesin mobil.

  1. Memeriksa Kampas Kopling dan Rem

Biasanya, sebelum mengendarai mobil untuk bepergian jauh. Maka, pemilik wajib memeriksa kelayakan mobil sebelum berkendara. Apabila Anda ingin kendaraan tetap prima saat digunakan. Anda juga wajib memeriksa kelayakan mobil setidaknya satu kali dalam sebulan. Pengecekan kelayakan mobil ini dengan cara memeriksa kampas kompling dan rem.

Kampas kopling ini berfungsi untuk mempermudah Anda mengubah posisi persneling mobil. Sedangkan, kampas rem ini berfungsi untuk memberikan pelumasan pada bagian rem mobil agar komponen pengereman tetap berfungsi setiap digunakan.

  1. Mengecek Tekanan Ban Mobil

Terkadang, masalah tekanan ban mobil berlebih atau kurang ini dapat menimbulkan masalah. Salah satunya adalah terasa goncangan-goncangan yang cukup mengganggu. Sehingga, Anda wajib mengecek tekanan ban mobil sebelum digunakan.  Sebab, apabila membiarkan tekanan ban mobil berlebih ataupun kurang. Maka, ada rasa ketidaknyamanan saat berkendara. Khususnya untuk perjalanan jauh.

Lihat Juga : Biaya Tune Up Mobil

  1. Mengecek Kondisi Aki

Perawatan mobil selanjutnya adalah mengecek kondisi aki. Biasanya, hanya montir bengkel saja yang mengetahui kondisi aki mobil. Sebab, para montir bengkel ini terlatih untuk mengetahui cara mengetes kondisi aki. Apakah masih layak digunakan atau harus diganti dengan aki mobil baru.

  1. Menyemprot Cairan Anti Karat Pada Body Mobil

Dan cara merawat mobil agar tetap terlihat “kinclong” ini dengan menyemprot cairan anti karat pada body mobil. Cairan anti karat ini sangat ampuh melindungi body mobil dari jamur dan karat. Sehingga, tampilan body tetap tampak mengkilap.

Memberikan perawatan mobil ini memang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan. Agar kondisi mobil tetap prima saat digunakan berkendara. Maka, pemilik harus membawa mobil ke bengkel terdekat guna mengecek kondisi mobil dan juga memberikan sedikit tips untuk merawat mobil dirumah.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *