Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil masalah mobil

5 Tanda Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi dan Solusinya

transmisi matic tidak mau pindah gigi

Ketika transmisi matic tidak mau pindah gigi itu artinya ada gangguan dan umumnya terjadi saat Anda tidak melakukan perawatan rutin. Memang tidak bisa dipungkiri jika mobil matic saat ini menjadi primadona karena lebih banyak dipilih orang-orang karena kenyamanannya. Meskipun banyak dipilih, bukan berarti mobil matic tidak pernah mengalami masalah pada bagian transmisinya. Pasti tetap ada dan hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal dan cirinya-cirinya adalah sebagai berikut:

Beberapa Tanda Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

  1. Adanya sentakan kasar ketika perpindahan gigi

Salah satu ciri transmisi mobil matic Anda mengalami masalah yaitu ketika adanya sentakan pada saat melakukan perpindahan gigi. Namun pada saat Anda merasakan hentakan tersebut tetapi perpindahan tuas masih mulus, maka masalah transmisi mobil matic Anda masih tetap keadaan baik. Tetapi apabila sentakannya terasa sangat kasar dan rasanya seperti mendorong mobil, maka itu pertanda buruk. Anda dianjurkan untuk segera membawa mobil matic ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Ada getaran yang aneh

Ciri selanjutnya yang menandakan transmisi matic tidak mau pindah gigi yaitu terjadi getaran yang aneh. Getaran memang biasa terjadi, namun masalahnya jika getaran yang terjadi melebihi batas wajar, maka itu artinya terjadi masalah. Getaran yang tidak wajar biasanya akan disebabkan adanya gesekan di bagian kopling yang telah mulai aus, dan itu artinya Anda harus segera membawa mobil Anda ke bengkel untuk dicek lebih lanjut.

  1. Kesulitan memindahkan tuas

Memang ada masanya ketika mobil matic yang Anda miliki sangat sulit untuk melakukan perpindahan gigi. Biasanya kegagalan perpindahan tuas itu disebabkan oleh adanya kendala di bagian switch pada sistem transmisi otomatis mobil Anda. Bahkan yang lebih parah, akibat sulitnya perpindahan tuas tersebut, mobil Anda akan mengalami kesulitan dipindahkan ke mode parking.

Masalah ini sangat serius dan Anda sangat wajib untuk segera membawa mobil ke bengkel, untuk dianalisis lebih lanjut apakah benar kendaraan Anda harus di-overhaul atau tidak. Tetapi Anda juga bisa melakukan pengecekan lebih dulu dengan memeriksa bagian switch remnya, dengan menginjak sedikit bagian pedal remnya, dan perhatikan switch remnya. Selain itu, periksa juga bagian sekring yang ada di dalam fuse box pada ruang mesin, apabila sekring putus, maka segera diganti dengan ukuran yang sesuai dengan rekomendasi.

  1. Gigi tidak ikut perpindahan tuas

Jika pernah mengalami kondisi dimana Anda memindahkan tuas tetapi gigi tidak ikut pindah, maka itu artinya terjadi masalah disana. Bisa jadi, masalah di bagian tuas giginya, bisa juga masalah di bagian sistem transmisinya. Apabila hal tersebut terjadi, maka Anda disarankan untuk memeriksa bagian gearbox untuk mengetahui apakah kabel di dalamnya putus atau tidak. Ketika ada masalah di bagian kabel gearboxnya, maka Anda lengan pada bagian gearbox tidak akan berpindah, itulah yang jadi penyebab mengapa tuas berpindah tetapi gigi tidak.

  1. Sulit dimundurkan

Ketika mesin mobil mengalami kerusakan yang cukup parah, maka masalah yang sering kali akan dialami yaitu Anda akan mengalami kesulitan untuk memundurkan gigi. masalah ini harus segera ditangani dan sebaiknya mobil segera dibawa ke bengkel resminya untuk diperiksa lebih lanjut. Sebab untuk kasus mobil matic, masalah yang tidak segera ditangani akan menjadi pemicu terjadinya masalah lain. Untuk itu Anda disarankan melakukan pemeriksaan secara berkala, setidaknya enam bulan sekali.

Baca Juga : Biaya Service Radiator Mobil

Demikianlah 5 ciri transmisi matic tidak mau pindah gigi dan masalah itu sekali lagi muncul saat Anda tidak rutin melakukan perawatan. Lima permasalahan soal transmisi mobil matic yang tidak berpindah gigi sebenarnya sangat bisa dihindari dengan satu syarat, apa itu? Sederhana, Anda hanya perlu rutin melakukan pengecekan dan perawatan di bengkel resmi agar mana-mana komponen yang aus bisa segera diganti.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *