Posted by Intan Mobil Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil, Mobil Kurang Tenaga

Biaya Pengerjaan Tune UP Mobil Fortuner di Dokter Mobil

Pengerjaan Tune UP Mobil Fortuner di Dokter Mobil

Perawatan tune up mobil fortuner perlu dilakukan secara berkala. Minimal satu tahun sekali. Tujuannya agar performa mobil tetap baik.

Sudah seyogyanya memiliki mobil berarti juga harus memberikan perawatan yang terbaik pada mobil. Umumnya, para pengguna mobil memiliki kepadatan mobilitas tinggi. Tak ayal jika mobil ikut menurun karena tingginya intensitas pemakaian mobil.

Gejala Mobil Fortuner Sudah Butuh Tune UP

Tune up mobil fortuner merupakan perawatan servis ringan untuk membersihkan saluran pembakaran pada knalpot serta ruang mesin. Kerak membandel menjadi salah satu faktor mobil mengalami gejala brebet hingga tidak nyaman untuk digunakan.

Perhatikan gejala ini. Jika mobil sudah mengeluarkan gejala knalpot asap hitam bahkan pekat maka mobil anda sudah perlu diberikan perawatan berkala, khususnya tune up. Knalpot keluar asap hitam ini biasanya disebabkan oleh menumpuknya kotoran pada ruang saluran pembakaran.

Adapun gejala yang menunjukkan bahwa mobil fortuner sudah perlu dibawa ke bengkel untuk tune up antara lain:

  • Tiba-tiba keluar asap hitam dari knalpot
  • Mulai muncul gejala ngempos (tarikan mobil hilang tiba-tiba)
  • RPM mobil sering tidak stabil dan meraung-raung
  • Mobil pincang
  • Tenaga mobil mulai terasa berkurang
  • Konsumsi BBM menjadi lebih boros
  • dan gejala-gejala lainnya

Memang gejala asap hitam dan gejala-gejala lain yang disebut di atas sudah lazim terjadi pada mesin mobil diesel. Namun jangan biarkan hal ini terus berlanjut. Karena seiring waktu kerusakan bisa semakin parah dan menyebabkan berbagai kerusakan pada komponen lainnya di mobil.

Estimasi Biaya Tune Up Mobil Fortuner

Umunya, melakukan perawatan tune up disarankan setelah mencapai 6 bulan sekali. Jika mobil anda belum di tune up hingga melewati waktu yang telah ditentukan, maka jangan pikir panjang lagi untuk datang ke Dokter Mobil.

Di Dokter Mobil, proses tune up untuk mobil fortuner hanya berkisar 60 menit saja. Proses tune up bisa dilakukan dengan cepat karena dilakukan oleh teknisi profesional dan berpengalaman yang didukung dengan alat canggih.

Berapa biaya untuk mentune up mobil seperti Toyota Fortuner?

Banyak bengkel mobil yang menawarkan tune up dengan harga yang bervariasi. Ada yang menawarkan harga Rp250.000,- untuk sekali tune up. Namun pengerjaannya hanya menyemprotkan beberapa mL cairan tune up. Proses tune up seperti ini tidak akan bersih dan hanya menyebabkan kerak karbon semakin menumpuk.

Di Dokter Mobil, biaya tune up fortuner adalah Rp1.700.000,00.

Rincian seluruh komponen mobil akan dibersihkan dari kerak karbon. Adapun bagian yang diberikan perawatan tune up antara lain adalah:

  • throttle
  • katalitik
  • injektor
  • valve
  • EGR
  • dan komponen-komponen lainnya

Adapun keunggulan tune up ini adalah adanya perbedaan performa mobil antara sebelum dan setelah perawatan. Tarikan mobil akan lebih enteng dan bertenaga. Selain itu, konsumsi BBM nya juga jadi lebih irit.

Cara Melakukan Tune Up Pada Mobil Fortuner

Nah bagi anda yang ingin mencoba melakukan Tune Up sendiri di rumah, berikut ini panduan cara Tune Up mobil yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Simak selengkapnya dibawah ini;

1. Bersihkanlah Sistem Pembakaran

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan komponen karburator mobil atau injektor, sesuai dengan jenis mobil anda. Prinsipnya, kedua sistem ini memiliki kesamaan dalam fungsinya yaitu sama-sama menjadi pemasok bahan bakar yang menuju ke ruang bakar. Untuk meembersihkan komponen yang ada di dalamnya, anda bisa membuka semua sumur serta baut pada karburator. Setelah itu buang sisa-sisa bahan bakar yang terdapat di dalamnya. Bilas bagian di dalam peranti dengan solar atau bensin.

2. Bersihkan Saringan Udara

Selanjutnya hal yang mudah untuk dilakukan adalah dengan membersihkan saringan (filter) udara. Caranya pun sangat mudah, lepaskan peranti tersebut dari wadahnya kemudian gunakan kompresor atau alat lainnya yang memiliki tekanan angin yang tinggi. Gunakan kuas yang lembut dan bersihkan kotoran yang menempel pada filter udara. Setelah itu gunakan kompresor dan tekan pada hembusan angin yang tertinggi. Hal ini dimaksudkan untuk membuat kotoran dan debu yang melekat dapat menghilang.

3.  Bersihkan Busi Dan Ganti Bila Sudah Aus

Cara tune up sendiri lainnya bisa dilakukan dengan membersihkan busi mobil. Busi menjadi bagian yang sangat vital di dalam proses pembakaran udara dan bahan bakar. Sehingga jika kondisi busi kotor atau sudah aus maka tentu saja percikan api di dalam ruang pembakaran tidak akan terjadi. Dan tentu saja hal ini akanmenyebabkan proses pembakaran tidak terjadi dan mobil menjadi mogok.

Baca Juga : Fungsi dan Biaya Tune UP Mobil di Berbagai Bengkel Mobil

Bersihkan kepala dan sumbu busi dengan cara menyikatnya, namun jangan lupa pula agar tingkat kerenggangan dapat diatur kembali. Jangan terlalu longgar dan jangan terlalu rapat. Jika busi sudah mengalami keausan, maka akan lebih baik segera mengganti busi mobil.

Umumnya penggantian busi mobil terjadi saat mencapai 20-25 ribu km. Selain itu ketahui tanda-tanda busi mobil harus ganti lainnya. Sebelum pemasangan busi kembali, semprot lubang busi dengan carbon cleaner untuk menghilangkan sisa-sisa pembakaran yang ada di dalam lubang tersebut.

Demikian ulasan mengenai tune up mobil fortuner. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat menyadarkan betapa pentingnya perawatan mobil tune up khususnya mobil fortuner.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *