Posted by Mekanik Juan Tuning ECU

Isi Paket Tune Up Mobil Innova Bensin Diesel dan Harganya

Proses Pengerjaan Tune UP Mobil Innova di Dokter Mobil

Harga tune up mobil Innova antar bengkel bisa berbeda-beda. Bahkan harga tune up untuk Innova berBBM bensin berbeda dengan yang diesel. Namun tetap saja yang terpenting adalah apa saja isi paket yang ditawarkan tersebut.

Banyak pemilik Innova yang merasa kecewa karena antara sebelum dan setelah tune UP ternyata performa mobil tidak berubah. Bahkan masalah mobil tidak terselesaikan padahal harusnya tune up dapat menyelesaikan beberapa masalah Innova seperti ngelitik, brebet, dan RPM yang tidak stabil.

Harga Paket Tune UP Innova Bensin di Dokter Mobil

Di Dokter Mobil, ada 2 paket yang diberikan untuk mobil Innova Bensin.

Paket pertama adalah Tune UP Performance Bensin. Harganya adalah Rp1.400.000,00 (1,4 juta rupiah).
Paket kedua adalah Tune UP Ultimate Bensin. Harganya adlah Rp2.300.000,00 (2,3 juta rupiah).

Pada tune up performance, pembersihan dilakukan pada seluruh komponen sistem pembakaran. Mulai dari throttle, injektor, katalitik, valve, intake, dan komponen-komponen lainnya.

Pada tune up ultimate, sistem pembakaran akan dibersihkan sama seperti tune up performance. Bedanya, setelah ditune up maka ECU innova akan disetting untuk meningkatkan performa mesin sehingga lebih bertenaga.

Harga Paket Tune UP Innova Diesel di Dokter Mobil

Paket tune up diesel di Dokter Mobil pada umumnya sama seperti paket tune up bensin. Namun untuk mobil Innova diesel ada sedikit perbedaan harga.

Paket pertama adalah Tune UP Performance Bensin. Harganya adalah Rp1.700.000,00 (1,7 juta rupiah).
Paket kedua adalah Tune UP Ultimate Bensin. Harganya adlah Rp2.500.000,00 (2,5 juta rupiah).

Mengapa biaya tune up Innova Diesel lebih mahal daripada Innova Bensin?

Ada satu bagian di Innova diesel yang kerap tidak dibersihkan ketika melakukan tune up di bengkel-bengkel lainnya. Bagian tersebut adalah EGR. Banyak bengkel mobil tidak melakukan pembersihan EGR karena:

  • EGR perlu dibongkar untuk dibersihkan
  • Bongkar EGR cukup sulit dan memakan waktu
  • Pemasangan EGR beresiko terjadi kesalahan yang menyebabkan  masalah pada mobil

Oleh sebab itu, bagi anda pemilik mobil Diesel yang hendak melakukan tune up, pastikan tanyakan komponen apa saja yang akan dibersihkan. Tanyakan dan pastikan juga komponen seperti EGR dibersihkan.

Hal yang Terjadi Jika EGR pada Innova Diesel Tidak Dibersihkan

EGR berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang dari mesin. Jika EGR dibiarkan kotor maka beberapa masalah mobil bisa muncul. Masalah tersebut di antaranya adalah:

  1. Konsumsi BBM jadi lebih boros
  2. Emisi gas buang jadi lebih kotor
  3. Turunnya performa mesin mobil Innova
  4. Meningkatkan resiko turun mesin mobil Innova

Oleh sebab itu, pastikan untuk mencari bengkel mobil yang memang melakukan tune up secara total dan menyeluruh. Jangan tergoda service tune up hanya karena biaya tune upnya jauh lebih murah daripada bengkel mobil lainnya.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dibahas mengenai tune up mobil Innova baik yang berbahan bakar diesel maupun yang berbahan bakar bensin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Tetap jaga kesehatan mobil agar kenyamanan berkendara bisa kita dapatkan.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *