Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Yakin Turun Mesin Mobil Solusinya? Check Dulu 5 Hal Ini

Pengerjaan Turun Mesin Canggih di Dokter Mobil

Tidak semua masalah mesin adalah turun mesin mobil atau overhaul. Yakin mobil anda hanya bisa diperbaiki dengan turun mesin? Cek ciri mobil harus overhaul.

Banyak faktor yang menyebabkan kendaraan anda sudah harus turun mesin. Mulai dari water hammer karena terendam banjir, telat ganti oli, ataupun karena memang faktor usia mesin. Tapi tentunya kita tidak harus langsung percaya apa kata mekanik ketika mereka mengatakan mobil harus turun mesin.

Ciri Mobil Perlu Segera Turun Mesin

Biaya turun mesin mobil tidaklah sedikit. Namun service ini tidak bisa ditunda-tunda. Karena semakin ditunda, kerusakan bisa semakin parah. Menyebar ke komponen lain di mobil anda.

Tapi banyak bengkel mobil yang memaksa dan mengatakan bahwa anda harus melakukan overhaul (turun mesin) padahal solusi bisa saja hanya perlu tune up ataupun ganti oli.

Biasanya, mobil yang perlu segera turun mesin memiliki ciri-ciri seperti:

  1. Knalpot Mengeluarkan Asap Putih

    Banyak orang berpikir bahwa asap putih itu adalah kondisi yang normal. Padahal asap putih menandakan ada kerusakan serius pada blok mesin. Jika menunda perbaikan, blok mesin bisa pecah dan terbakar.

    Asap putih ini berasal dari oli mobil yang bocor dari mesin dan masuk ke saluran pembakaran. Kebocoran ini hanya bisa diperbaiki dengan membongkar total mesin mobil.

  2. Air Radiator Berminyak

    Blok silinder head bisa mengalami jebol. Biasanya disebabkan oleh korosi. Akibatnya, ada campuran antara oli dengan air di ruang mesin. Nah, jika air radiator berminyak bisa jadi ada air radiator yang masuk ke ruang mesin.

    Cepat atau lambat mesin mobil bisa jebol karena mesin mengalami waterhammer.

  3. Oli Berwarna Kecoklatan

    Oli yang kecoklatan disebabkan oleh percampuran air radiator dengan oli di blok mesin. Akibatnya, oli tidak berfungsi optimal. Jika dibiarkan, mesin akan semakin parah. Dan bahkan tidak bisa lagi diselamatkan.

    Oleh sebab itu, perawatan berkala harus dilakukan secara berkala dan lebih sering melakukannya dibandingkan dengan melakukan ganti oli. Hal ini untuk memastikan bahwa kualitas oli masih baik karena seringkali masalah-masalah oli terjadi padahal aru saja ganti oli.

  4. Mesin Cepat Panas

    Naiknya suhu mesin adalah hal yang wajar. Namun jika baru dinyalakan mesin sudah panas berlebihan, maka pasti ada sesuatu yang salah. Dan kemungkinan besar, mobil anda sudah perlu mengalami turun mesin. Masalah ini biasa terjadi karena oli dan radiator mobil sudah tidak bisa berfungsi sebagai pendingin karena mesin sudah jebol.

  5. Mesin Mati Mendadak

    Ketika mesin terlalu panas, mungkin anda tidak tahu. Karena anda ada di dalam mobil. Namun mesin yang terlalu panas akan menyebabkan mesin mati mendadak saat digunakan. Lalu mengalami mogok. Jika masalah ini berulang-ulang terjadi, maka sudah dapat dipastikan turun mesin mobil adalah satu-satunya solusi.

  6. Busi Banjir

    Kondisi ini terjadi ketika oli menyebur dari ruang kompresi. Akibatnya, busi basah tercampur dengan oli. Pada beberapa kasus, solusinya cukup dengan mengganti ring piston. Namun jika ruang kompresi sudah tidak presisi, maka turun mesin adalah solusi terakhir.

  7. Air Radiator Sering Berkurang dan Menyembur

    Pernah merasa air radiator berkurang terus menerus? Atau ketika mesin distarter, air radiator menyembur. Nah kasus ini bisa menjadi indikasi bahwa mesin perlu diturun mesin. Namun sebaiknya periksakan dahulu ke bengkel terpercaya untuk pengecheckan total.

Setelah mengetahui bahwa mobil anda mengalami ciri-ciri tersebut, pastikan anda mencari opini dari bengkel lainnya tentang masalah mobil anda. Jangan sampai anda dipaksa melakukan turun mesin mobil padahal kondisi kerusakan belum parah. Cukup melakukan tune up, atau penggantian beberapa part saja.

Pengerjaan yang Dilakukan Mekanik

Sebagai bengkel yang sudah menangani berbagai jenis mobil, dan memiliki mesin-mesin berteknologi canggih, Dokter Mobil memiliki pengerjaan turun mesin berstandart internasional. Adapun pengerjaan yang dilakukan meliputi:

  1. Pembongkaran Mesin

    Semua proses dilakukan dengan tools-tools canggih yang memungkinkan pembongkaran dapat dilakukan secara cepat dan rapi. Dengan demikian mencegah kemungkinan adanya masalah-masalah yang sering terjadi seperti kerusakan saat pembongkaran, ataupun hilangnya baut dan part.

  2. Pengecheckan Menyeluruh Kondisi Mesin

    Setelah mesin dibongkar, seluruh kondisi mesin dicheck secara menyeluruh. Mengecheck setiap kondisi part/onderdil untuk memastikan mana saja yang perlu diganti, bisa diperbaiki, atau cukup dibersihkan.

  3. Proses Perbaikan dan Penggantian Part

    Setelah semua bagian yang bermasalah sudah di data, berikutnya teknisi akan melakukan proses penggantian part dan proses perbaikan part mobil. Semua proses dilakukan dengan standart internasional untuk memastikan semua dapat berjalan dengan baik.

  4. Pengecheckan Hasil Service

    Setelah proses pengerjaan dilakukan, mobil akan diinreyen (ditest dalam kondisi normal) untuk memastikan mobil 100% sudah kembali seperti baru. Jika mobil sudah sempurna, maka mobil akan dikembalikan kepada pemiliknya. Namun jika masih ada kendala yang belum kelar, proses pengecheckan akan kembali dilakukan untuk mencari sumber masalah. Lalu sumber masalah akan diatasi sehingga mobil benar-benar sempurna.

Semua pengerjaan turun mesin mobil dilakukan dengan standart yang sangat tinggi untuk memastikan hasil service yang sempurna. Oleh sebab itu, Dokter Mobil berani memberikan garansi service yang panjang.

Biaya Pengerjaan

Dokter Mobil menjunjung pengerjaan yang professional dan jujur. Proses yang kerap disebut dengan istilah overhaul ini dikerjakan dengan pemeriksaan menyeluruh, dan dengan part-part berkualitas terbaik. Dengan demikian, tidak ada istilahnya mobil kembali bermasalah padahal sudah turun mesin.

Adapun biaya yang perlu dibayarkan akan sangat bergantung pada:

  1. Jenis Mobil

    Tiap mobil harga partnya berbeda. Ada yang murah dan cukup banyak dipasaran (misalnya Avanza). Dan ada yang sangat jarang dan harus diimport terlebih dahulu. Selain itu, kualitas part juga menentukan harga. Semakin mahal harga part, biaya turun mesin tentu akan meningkat.

  2. Tingkat Kerusakan

    Semakin parah kerusakan, dan semakin banyak part yang perlu diganti, biaya turun mesin mobil akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala untuk mencegah kerusakan. Jikalaupun terjadi kerusakan, segera periksakan mobil sebelum kerusakan semakin parah.

Untuk biaya turun mesin itu sendiri harganya cukup bervariasi. Mulai dari 7 jutaan (untuk kerusakan ringan) hingga puluhan juta (jika kerusakan cukup parah sehingga menyebabkan mesin jebol).

Jika kendaraan anda memang harus turun mesin, ada beberapa hal yang harus ditanyakan kepada bengkel dan para mekanik. Pertanyaan pertama adalah estimasi lama pengerjaan. Hal ini untuk menentukan berapa lama mobil harus diinapkan. Karena ada loh bengkel mobil yang butuh sampai lebih dari 1 bulan karena faktor seperti menunggu part yang tidak ready stock.

Pertanyaan kedua adalah estimasi biaya yang diperlukan untuk turun mesin. Hal ini penting untuk menentukan apakah harga tersebut cocok dengan keuangan anda dan apakah harga tersebut memang sesuai standart. Saat diberikan estimasi biaya, pastikan untuk meminta detail part apa saja yang kemungkinan akan diganti dan kisaran harga partnya. Dengan cara ini anda bisa melihat apakah harga per part yang diberikan tersebut masih masuk akal.

Demikianlah hal-hal penting mengenai turun mesin mobil yang perlu untuk diketahui. Semoga masalah mobil dapat segera diatasi dan tidak muncul kembali. Pastikan untuk menjaga performa mobil dengan melakukan perawatan secara berkala.

Tags: , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *