Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Mobil Kurang Tenaga

Usir Panik Dengan Simak Mengatasi Asap Hitam Mobil Diesel

Usir Panik Dengan Simak Mengatasi Asap Hitam Mobil Diesel

Gejala asap hitam pada mesin diesel menjadi suatu hal yang lumrah dan lazim terutama pada truk atau bis. Apakah mobil diesel anda juga demikian? Nah jangan anggap enteng juga ya, sebab tak lain gejala ini timbul dengan sebab yang harus segera diatasi.

Agar pembakaran kembali menjadi sempurna, simak mengatasi asap hitam mobil diesel dengan mengetahui penyebabnya dibawah ini;

1. Injektor Mengalami Sumbatan

Injektor tersumbat  sebab adanya kotoran yang berasal dari bahan bakar. Bahan bakar ini tidak terurai secara sempurna. Bahan bakar juga turut mempengaruhi karena kualitas angka cetane yang dipakai apakah berkualitas tinggi atau rendah. Ini juga bisa disebut dengan oktan.

Sebab itu pastikan anda tahu angka cetane pada mobil anda apakah diharuskan menggunakan solar bercetane tinggi ataukan rendah. Jangan sampai salah pakai jika tidak ingin performa semakin menurun.

2. Penumpukan Kotoran di Filter Udara

Penyebab filter udara yang menumpuk kotoran dapat membuat asap mobil menghitam. Peranan filter udara berfungsi untuk menyaring udara luar yang masuk ke ruang pembakaran.

Jika filter tersebut sudah kotor, maka kotoran dapat loss masuk ke ruang pembakaran hingga menyebabkan penyumbatan.

Alhasil, pembakaran menjadi tidak sempurna bahkan menimbulkan getaran hebat dari mesin. Timbullah suara bising hingga memecah konsentrasi berkendara.

Solusinya yakni segera bersihkan filter udara secara rutin agar performa tetap terjaga. Usahakan membersihkan minimal dua minggu sekali. Jika kondisi filter sudah dalam keadaan rusak, maka sebaiknya segera ganti dengan filter baru.

3. Oli Masuk Ruang Bakar

Oli yang masuk ke ruang pembakaran akan ikut terbakar dengan bahan bakar, alhasil asap lebih tebal dan tidak jarang menimbulkan warna kehitaman.

Hal ini disebababkan oleh kondisi oli yang sudah aus hingga mengalami kebocoran pada rembesan knalpot.

Solusinya segera membawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan penanganan secara tepat dan aman.

4. ECU Mesin Sudah Bermasalah

Waspadai bila ECU sudah tidak berfungsi. ECU merupakan komponen penting dalam megatur takaran bahan bakar terhadap injektor mesin anda. Semua prosedur pada mesin diatur sepenuhnya oleh ECU. Jika komponen tersebut sudah bermasalah, maka mobil dapat menimbulkan getaran hebat hingga tersengal diselimuti asap hitam saat dijalankan karena pengaturan pada ECU tidaklah akurat.

Baca Juga : Mengapa Mesin Mobil Saya Bergetar Keras atau Pincang

Bagi pengguna mobil diesel keluaran terbaru, biasa disebut dengan EFI. Fungsinya pun masih sama.

Segera bawa ke bengkel terdekat anda untuk dilakukukan diagnosa menyeluruh piranti ECU.

5. Kotornya Saringan Bahan Bakar

Kapan terakhir anda melakukan perawatan membersihkan saringan bahan bakar? Ya, normalnya dibersihkan setiap mencapai 5 ribu kilometer. Saringan bahan bakar yang kotor akan berdampak pada asupan bahan bakar yang tidak stabil.

Sebaiknya bersihkan bersamaan dengan perawatan pergantian ganti oli.

Okeii, itulah ulasan mengenai mengatasi asap hitam mobil diesel. Jangan tunda untuk membawa ke bengkel spesialis. Pastikan mobil anda mendapat penanganan tepat dari mekanik ahlinya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button