Posted by Mekanik Juan Turun Mesin

Wasapada! Kenali 3 Penyebab Utama Mobil Turun Mesin

Wasapada! Kenali 3 Penyebab Utama Mobil Turun Mesin

Apa yang terdapat di benak anda ketika mendengar istilah turun mesin? Seketika terlintas kerusakan parah, biaya mahal, hingga durasi pengerjaan panjang. Turun mesin atau overhaul termasuk kategori servis berat dimana harus mengeluarkan mesin dari body mobil untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Tidak heran bila turun mesin menjadi momok yang ditakuti oleh hampir keseluruhan pengguna mobil. Gejala overhaul juga turut menurunkan nial jual mobil sebab mesin pernah mengalami kerusakan berat, hingga berimbas pada performa mobil.

Sebelum overhaul terjadi pada mobil anda, ada baiknya anda mengetahui 3 penyebab utama mobil turun mesin. Yuk selengkapnya intip ulasan dibawah ini;

1. Mobil Pernah Terendam Banjir

Apakah mobil anda pernah terendam banjir? Waspadai. Mobil yang terendam banjir otomatis akan mematikan mesin. Ini rahasianya !

Jika mobil terendam banjir, sebaiknya jangan berusaha menyalakan mesin. Ada baiknya anda memanggil mekanik bengkel terdekat untuk menangani mesin mobil anda. Jika anda memaksakan untuk menyalakan mobil, selain nihil menyala juga berpotensi asuransi mobil tidak akan mau membayar kerusakan mobil sebab hal tersebut merupakan kesalahan pengguna mobil.

Biasanya, komponen yang rusak akibat terendam banjir adalah piston, connectic rod, poros engkol, dan lain lain. Komponen tersebut sangatlah krusial jika terkena air.

2. Mesin Overheat

Apakah anda sudah mengetahui istilah overheat? Overheat dapat diartikan sebagai suhu mesin mobil sudah meleawati batas maksimal. Layaknya manusia yang terlalu berfikir keras hingga menjadi drop karena kelelahan, begitupun dengan mobil.

Apa penyebabnya ?

Sebab overheat, beberapa komponen mengalami kerusakan karena kinerja tidak optimal. Salah satu gejalanya yakni timbul asap putih mengepul dari kap mesin, AC mendadak tidak dingin, dll. Penyebab utama ialah air radiator habis hingga tidak ada penangkal saat mesin panas.

3. Kualitas Oli Buruk

Jangan anggap sepele, ternyata oli juga dapat berdampak pada kinerja mesin anda. Semakin jarang anda mengganti oli, maka kualitas pun semaikin menurun. Menurunnya kualitas oli maka ikut menurunkan performa mobil.

Lama tidak mengganti oli mobil maka berdampak pula oli akan habis. Habisnya oli mobil akan mengakibatkan gesekan antar mesin menjadi kasar dan cepat aus hingga menimbulkan kerusakan.Bila hal ini terus berlanjut, maka gejala turun mesin akan menghampiri mobil anda.

Lupa atau malas merupakan salah satu alasan pengguna tidak megganti oli mobil. Inilah betapa pentingnya edukasi kepada pengguna kendaraan agar menyadarkan betapa pentingnya melakukan pergantian oli mobil secara rutin.

Baca Juga : Sebaiknya Ganti Oli Mobil Tiap Berapa KM? Ini Jawabannya

Solusi terbaik untuk mencegah terjadinya overheat yakni dengan melakukan tindakan servis ringan secara berkala ke bengkel kepercayaan anda.

Demikian ulasan mengenai Penyebab Utama Mobil Turun Mesin. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menyadarkan kita sebagai pengguna mobil agar lebih bijak serta selektif menggunakan mobil. Yuk mulai sayangi mobil anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi