Posted by Aditya Dokter Mobil Franchise Dokter Mobil

Tips Menjadi Wirausaha Bengkel Mobil Hingga Meraih Kesuksesan

wirausaha bengkel

Sebagai wirausaha bengkel mobil, Anda harus paham cara dan tips jitu mengelola bisnis otomotif ini dari nol hingga meraih kesuksesan. Sebab, banyak usaha bengkel mobil mengalami kebangkrutan karena pemilik tidak memiliki ide kreatif dan inovatif dalam memasarkan bisnis.

Sehingga, konsumen tidak terlalu tertarik dengan pelayanan bengkel mobil yang dikelolanya. Maka dari itu, butuh tips dalam merintis usaha bengkel mobil. Dengan menggunakan tips dalam merintis usaha bengkel ini diharapkan dapat meminimalisir resiko gulung tikar.

Kendala atau Masalah yang Sering Dihadapi oleh Wirausaha Bengkel Mobil

Memang, banyak bisnisman mengalami gulung tikar karena usaha bengkel mobil yang digelutinya sepi pengunjung. Hingga akhirnya, mereka tidak mampu membiayai biaya operasional bulanan yang terbilang cukup besar. Ada beberapa kendala atau masalah yang menyebabkan bengkel mobil tersebut memutuskan untuk tutup permanen. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Lokasi Bengkel yang Sukar Ditemukan

Terkadang, pemilik tidak memperhatikan lokasi yang digunakan untuk bengkel mobil. Pemilik hanya berpikir bahwa lahan yang disewa masih terjangkau. Padahal, pemilihan lokasi ini sangat penting.

Rata-rata, konsumen mencari bengkel mobil yang mudah ditemukan. Jika lokasi bengkel mobil yang Anda kelola berada di pemukiman padat penduduk, maka konsumen akan kesulitan menuju ke tempat Anda.

  1. Kurangnya Pemahaman Manajemen Risiko

Pemilik yang baru terjun di bidang bisnis bengkel mobil tentu tidak memahami tentang manajemen resiko. Dengan menerapkan manajemen resiko, maka pemilik dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam pengelolaan bisnis bengkel mobil agar tidak mengalami resiko yang tidak diinginkan.

  1. Gagal Membangun Brand Awareness dan Brand Image di Mata Konsumen

Kegagalan membangun brand awareness dan brand image di mata konsumen juga menjadi salah satu kendala yang dapat menghambat wirausaha bengkel untuk sukses. Sebab, konsumen akan mencari bengkel mobil terbaik dan terpercaya. Jika Anda gagal membangun citra sebagai bengkel mobil terbaik dan terpercaya, dapat dipastikan bengkel mobil yang Anda kelola akan sepi peminatnya.

Tips-Tips Merintis Bisnis Bengkel Mobil

Agar wirausaha bengkel tidak mengalami kendala atau masalah dalam merintis usaha, maka ada beberapa tips-tips jitu agar bengkel mobil yang dikelola dapat berhasil di tengah pandemi virus covid-19 ini.

Tips pertama, silahkan mencari lokasi strategis untuk membuka bengkel mobil. Pastikan lokasi untuk dijadikan bengkel mobil ini berada di jalan raya utama atau jalan besar. Tujuannya agar konsumen dapat dengan mudah menuju ke bengkel yang Anda kelola.

Tips kedua, pelajari tentang manajemen modal. Sebab, beberapa pelaku usaha bengkel mobil kehabisan modal awal karena tidak menghitung pemasukan dan pengeluaran selama mengelola bengkel mobil.

Jika Anda tidak memiliki tentang pemahaman manajemen modal, maka pengeluaran akan lebih besar dibandingkan dengan pemasukan. Sehingga, resiko gulung tikar bisnis bengkel mobil akan semakin besar.

Tips ketiga, Anda dapat bekerja sama dengan bengkel mobil yang telah memiliki nama besar di pangsa pasar otomotif. Rata-rata, bengkel mobil di Indonesia yang telah memiliki nama besar dapat diajak “join bisnis” dengan sistem franchise.

Sistem franchise ini dirasa lebih menguntungkan dan dapat membantu bengkel mobil yang baru buka dapat berkembang dengan pesat. Sehingga, resiko gulung tikar dapat diminimalisir.

Dokter Mobil, Bengkel Terpercaya yang Siap Diajak Kerjasama dengan Sistem Franchise

Bagi Anda yang ingin bermitra bisnis bengkel mobil dengan sistem franchise, maka Dokter Mobil adalah jawabannya. Disini, kami siap membantu mengembangkan bisnis bengkel mobil yang tengah Anda rintis dengan menggunakan sistem franchise.

Kami siap mensupport segala keperluan yang dibutuhkan, mulai dari peralatan bengkel mobil, konsultasi cara pengelolaan bengkel mobil, hingga rekomendasi montir atau teknisi bengkel berpengalaman.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Air Radiator Cepat Panas di Mobil Matic

Semua akan kami bantu hingga bengkel mobil yang Anda kelola dapat berkembang seperti cabang-cabang kami lainnya. Anda tak perlu ragu memilih kami dalam bekerja sama dengan kami.

Sebab, kami telah berpengalaman bekerja sama dengan bengkel-bengkel lain menggunakan sistem franchise. Tercatat, kami memiliki 17 cabang bengkel mobil yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, hingga Makassar. Bagi wirausaha bengkel mobil yang ingin dibantu mengembangkan bisnis hingga sukses, maka Anda dapat bergabung menjadi salah satu franchise Dokter Mobil.

Tags: ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *